HK News

Foto

Akui Ada Potensi Wisata, DPRD Kaltara Rencanakan Bangun Dermaga Pesisir Lingkas

TARAKAN - Besarnya fungsi dermaga di Muara Pesisir Lingkas ujung, membuat besarnya aktivitas masyarakat dalam menggunakan dermaga tersebut. Sehingga tidak heran jika puluhan masyarakat mengantungkan nasibnya pada dermaga.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris menuturkan setelah meninjau lokasi dermaga pada kawasan muara pesisir Lingkas Ujung, membuat dirinya mendapatkan ide untuk menciptakan sebuah objek wisata. Karena menurutnya, jika kawasan tersebut dijadikan objek wisata bahari, tentunya dapat meningkatkan hasil nelayan.

"Setelah saya sampai di sini, saya terpikir bahwa ini juga kedepannya bisa menjadi suatu tempat wisata. Ini jangka panjang yah, tapi kalau setelah saya sampai di sini ternyata banyak sekali terpikir ini juga bisa menjadi suatu tempat wisata kedepannya," ujarnya (10/1).

"Karena aktivititas masyarakat jangka panjang, khususnya nelayan di sini. Bisa kita manfaatkan untuk bisa menambah penghasilan para ibu-ibu. Kenapa, karena dari wisata-wisata yang hadir saat ini, mungkin ibu-ibu bisa membuat kue dan sovenir hasil-hasil laut. Makanya saya bilang ini termasuk potensi besar," lanjutnya.

Lanjutnya, selain kerajinan tangan cemilan dan kerajinan tangan, masyarakat juga bisa membuka beberapa rumah makan sederhana. Sehingga hal itulah yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Kaltara. 

"Kedepannya saya punya mimpi, melalui program-program pembangunan. Kalau ini dibangun maka di sinilah orang melihat kehidupan-kehidupan nelayan. Daripada ini hanya menjadi tempat transit, akan lebih baik kalau kita membuat dermaga sebagai objek wisata," tukasnya.

"Mudah-mudahan mimpi saya ini diaminkan oleh Tuhan, kapan lagi kita bisa mulai kalau tidak hari ini. Untuk dinikmati anak cucu kita di masa depan," sambungnya.

Sementara itu, Rustam Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) menuturkan jika pihaknya cukup setuju dengan ide tersebut. Meski demikian, hal tersebut tidak menghilangkan fungsi dermaga sebagai tempat transaksi hasil laut.

"Ini kan dermaga, tempat berlabuhnya nelayan. Jadi semua hasil nelayan tangkap dijual di sini dan dibongkar di sini. Karena di sini ada pos-pos pembelian hasil laut. Itu yang membeli Ikan nelayan, kemudian menjualnya lagi," jelasnya.

"Dengan kondisi yang seperti ini yang jelas kita sangat berharap perhatian pemerintah. Karena memang dermaga ini tidak dibangun seadanya. Kalau memang mau dipercantik kami akan sangat senang dan berterima kasih," pungkasnya.(*) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories