HK News

Foto

Menhub Jelaskan Kronologis Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Jakarta-Pontianak Hilang Kontak

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Sabtu malam (9/1) bersama Badan SAR Nasional, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan TNI-Polri menyampaikan keterangan pers terkait kronologis hilang kontak dan dugaan jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak. 

Dijelaskan Budi Karya, pesawat SJ-182 rute Jakarta-Pontianak lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada pukul 14.36 WIB. "Pada pukul 14.37 WIB masih berada di ketinggian 1700 kaki dan diizinkan naik ke ketinggian 29 ribu kaki dengan mengikuti standar instrumen," ujarnya. 

Kemudian, pesawat mengangkut 62 orang terdiri dari 50 penumpang dan 12 kru, 40 orang dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi ini lalu dinyatakan hilang kontak pada 14.40 WIB.

"Kemudian pukul 14.40, Sriwijaya terpantau tidak ke arah O75 derajat melainkan ke Barat Laut, oleh karenanya ditanya ATC untuk melaporkan arah pesawat. Tidak lama kemudian, dalam hitungan seconds, SJ-182 dinyatakan hilang dari radar," jelasnya. 

Usai mengetahui pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Jakarta-Pontianak hilang kontak, lanjut Budi Karya, manajer operasi kemudian langsung berkoordinasi dengan Basarnas, bandara tujuan, dan instansi terkait. 

Tim pencarian telah melakukan persiapan untuk memulai pencarian Minggu pagi (10/1). Bahkan, berkoordinasi dengan BMKG untuk memastikan kondisi cuaca. 

Informasinya, pesawat itu hilang kontak di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Bahkan, beberapa temuan benda disinyalir bagian dari pesawat yang hilang tersebut.(*) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories