HK News

Foto

Seminar Lingkungan Hidup, KNPI Tarakan Ajak Pemuda Peduli Sampah

TARAKAN - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tarakan menggelar seminar lingkungan hidup di balai pertemuan Kelurahan Lingkas Ujung, Selasa (24/11/2020).

Seminar dengan tema "Peranan Pemuda Dalam Pengelolaan dan Upaya Menuju Kaltara Bebas Sampah 2020" diikuti puluhan pemuda dan dibuka langsung Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto.

Ketua KNPI Tarakan, Erick Hendrawan mengatakan, meski dilaksankan dalam kondisi pandemi Covid-19, seminar tetap mengedepankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak, dan menggunakan handsaniter.

"Protokol kesehatan tetap utama dalam kegiatan ini, jangan sampai pemuda menjadi penyebar Covid-19," katanya.

Kegiatan ini melibatkan organisasi kepemudaan dari anak sekolah, mahasiswa dan pemuda peduli sampah.

"Harapannya melalui kegiatan ini pemuda lebih sadar, peduli dan berperan aktif khususnya masalah lingkungan yaitu pengelolaan dan penanganan sampah," katanya.

Erick mengajak pemuda khusunya yang ada di Tarakan menjadi contoh dan garda terdepan dalam mengatasi persoalan sampah minimal dari lingkungan masing-masing.

Sementara itu Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto mengatakan, pemerintah kota Tarakan sangat menyambut baik dan apresiasi program KNPI dan Pemkot siap mendukung.

"Pemuda Tarakan sejak zaman dulu adalah garda terdepan dalam pembangunan di Tarakan dan kami berharap KNPI dapat terus mengawal pembangunan baik itu persoalan lingkungan maupun kegiatan lainya," tuturnya.

Effendhi Djuprianto menegaskan persoalan penanganan sampah bukan hanya jadi beban pemerintah semata tetapi juga diharapkan partisipasi masyarakat.

"Kita bersyukur dan apresiasi KNPI sebagai garda terdepan, sebagai pemuda penerus bangsa bertanggung jawab dengan tampil untuk membantu pemerintah dalam rangka penyelesaian masalah sampah," ujarnya.

Tidak hanya itu, Effendhi Djuprianto yang juga selaku MPI KNPI Tarakan, akan terus mendorong KNPI berperan aktif mengawal pembangunan melalui ide-ide, gagasan, dan kegiatan yang positif tidak hanya kegiatan seminar kali saja.

Kegiatan yang juga dihadiri perwakilan Kodim 0907 Tarakan dan Polres Tarakan ini menghadirkan langsung nara sumber dari Dinas Pemuda Olah Raga, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tarakan.(*) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories