HK News

Foto

Kepala Adat dan Paguyuban Etnis di Kecamatan Sebuku dan Tulin Onsoi Dukung Zainal-Yansen

NUNUKAN – Kepala adat dan paguyuban etnis di Kecamatan Sebuku dan Tulin Onsoi menyatakan sikap mendukung Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) nomor urut 3, Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum dan Dr. Yansen TP, M.Si.

Pernyataan sikap dukungan yang disampaikan pada hari Selasa (17/11) di Desa Pembeliangan, Kecamatan Sebuku itu disaksikan langsung oleh Cawagub Yansen TP.

“Mengapa kami mendukung sampai menyatakan sikap dan memperjuangkan untuk memenangkan pasangan ini (Zainal-Yansen), sebenarnya adalah yang pertama pasangan ini adalah pasangan yang ideal,” ujar Samadik, yang mewakili para kepala adat besar dan paguyuban etnis yang ada di Kecamatan Sebuku dan Tulin Onsoi.

Dikatakannya, penduduk yang ada di dua kecamatan tersebut ada dua, yang pertama adalah masyarakat tempatan dan kedua adanya komunitas pembawa atau masyarakat yang berasal dari luar yang sekarang sudah menjadi orang Sebuku dan Tulin Onsoi.
Nah karena dengan beragamnya suku bangsa, agama dan latar belakang itulah, pihaknya menilai pasangan Zainal-Yansen lah pasangan yang ideal karena mewakili golongan-golongan yang ada.

Disebutkan Samadik, Sebuku dan Tulin Onsoi adalah dua kecamatan yang termasuk terpadat penduduknya sejak sekitar 22 tahun yang lalu.

 Mengapa, karena daerah ini mendapat saudara sebangsa yang dulunya ikut program transmigrasi. Namun dua tempat yang ditempati itu sekarang sudah menjadi sebuah desa yang definitif.

Selama 22 tahun ini, lanjutnya, masyarakat Sebuku dan Tulin Onsoi tidak ada konflik suku dan itu yang mereka banggakan. Sebab, ada 17 suku yang sampai sekarang ini hidup berdampingan dan rukun. Masyarakat juga yakin jika pasangan Zainal-Yansen yang memimpin Kaltara, di mana ada tagline 

“Kaltara Rumah Kita” maka hidup masyarakat Kaltara, khususnya Sebuku dan Tulin Onsoi semakin harmonis hidup berdampingan sebagai sesama Warga Negara Indonesia (WNI).

“Oleh karena itu, mari kita sambut calon pemimpin yang idealis dan bisa mempersatukan kita ke depan. Kami sepakat tadi bahwa kami sebut Bapak Wakil Gubernur, kalau ada calon lain yang mengatakan tahu daerah perbatasan, lebih tahu Pak Yansen.

 Aplaus untuk Pak Yansen,” katanya mengajak semua yang hadir dalam kampanye tatap muka dan dialog pasangan Zainal-Yansen mengapresiasi.

Atas dukungan warga Sebuku dan Tulin Onsoi yang diberikan kepada pasangan yang punya akronim ZIYAP ini, Cawagub Yansen TP menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga kepada masyarakat dua kecamatan tersebut, terutama kepada para kepala adat dan paguyuban etnis yang telah menyatakan sikap mendukung dan ingin adanya perubahan di Provinsi Kaltara.

“Saya bersyukur untuk kedua kalinya saya hadir di kecamatan ini. Yang pertama beberapa bulan lalu dan kemudian yang kedua hari ini di Pembeliangan, Kecamatan Sebuku. Saya juga bulan lalu ke Desa Libang, Kecamatan Lumbis,” ungkap Yansen TP di hadapan tokoh dan perwakilan masyarakat Sebuku dan Tulin Onsoi.

Bupati Malinau periode 2011-2016 dan 2016-2021 itu bersyukur adanya perjumpaan dengan warga dua kecamatan yang berada di Kabupaten Nunukan ini karena semua terlihat sehat dan semua penuh semangat.

“Saya berjumpa bapak ibu dan saudara, saya menyaksikan semua sehat-sehat, semua penuh dengan semangat. Tentu ini didorong oleh keinginan untuk mewujudkan sebuah perubahan,” ucap cawagub yang berpasangan dengan Cagub Zainal A. Paliwang ini.

Dikatakannya, apa yang disampaikan oleh Samadik,  mewakili masyarakat yang menyampaikan dukungan kepada pasangan nomor urut 3 tergambar betapa besar keinginan masyarakat mendapatkan perhatian dari pemerintah, khususnya pemerintah provinsi. Karena itu, pasangan Zainal-Yansen jika diamanahi memimpin Kaltara, maka harapan dan keinginan masyarakat untuk mendapat perhatian tersebut mereka wujudkan.

“Tekad Zainal-Yansen adalah mewujudkan Kaltara Rumah Kita yang harmonis serta berubah, maju dan sejahtera dengan kabupaten/kota menjadi pilar provinsi,” kata pria yang akrab dengan singkatan nama YTP ini.(*) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories