HK News

Foto

Cegah Longsor, Kodim 0907 Tarakan Salurkan 300 Bibit Rumput Vertiver Ke Masyarakat

Tarakan - Upaya untuk mencegah terjadinya longsor, Kodim 0907/Trk mulai menyalurkan Bibit tanaman Vertiver ke masyarakat,
Minggu (15/11).

Penyerahan sekaligus penanaman perdana 300 batang bibit tanaman vertiver dilakukan diwilayah Koramil 0907/04 Tarakan utara yang yang dipimpin langsung Danramil Lettu Czi Jaffar Malluru di RT.10 dan RT.17 kel.Juata permai.

Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto menyampaikan bibit rumput vetiver yang ditanam di lahan warga RT.10 dan RT.17 ini merupakan bagian bantuan 12000 bibit dari Kepala BNPB Nasional Letjen TNI Doni Monardo.

"Tadi sudah kita salurkan ke warga 300 batang,dan sisanya nantinya akan kita tanam di seluruh wilayah yang sekiranya rawan terjadi longsor atau erosi",ucapnya.

Menurut Dandim, penanaman rumput vetiver ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan di lahan kritis atau lahan yang mudah longsor sebagai bentuk menjaga ekosistem tanah dan air.

Perlu diketahui untuk manfaat dari daun vetiver atau yang biasa disebut akar wangi ini adalah untuk menyerap karbon, dapat digunakan sebagai pakan ternak, mengusir hama, sebagai bahan atap rumah maupun kerajinan, bahan dasar kertas dan lain sebagainya. Untuk pemanfaatan dari akar rumput vetiver diantaranya mencegah terjadinya longsor, mencegah banjir, mencegah erosi tanah dan masih banyak lagi manfaat lainya.

"Penyaluran bibit vertiver ini merupakan amanah dan akan kami lakukan secara berkelanjutan dengan harapan bisa menjadi sarana edukasi serta bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan demi kelestarian alam," pungkasnya.(*)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories