HK News

Foto

Gagalkan Peredaran Narkotika, 13 Personel Keamanan Penerbangan Bandara Internasional Juwata Tarakan Dapat Penghargaan

TARAKAN – Direktorat Jenderal Pehubungan Udara melalui Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan Elfi Amir memberikan piagam penghargaan kepada 13 personel keamanan penerbangan kantor UPBU Kelas I Utama Juwata Tarakan di Terminal Bandara Lama, Jumat (2/10).

Penghargaan ini bentuk apresiasi atas kinerja personel keamanan dalam upaya mengagalkan peredaran barang haram jenis narkotika melalui bandara di Tarakan.

Elfi Amir dalam sambutannya menyampaikan pemberian penghargaan ini atas keberhasilan petugas menggagalkan upaya penyelundupan narkoba melalui Terminal Penumpang maupun Terminal Kargo Bandar Udara Internasional Juwata-Tarakan.

“Maka sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian tersebut kami serahkan piagam penghargaan dari Direktur Jenderal kepada personel keamanan penerbangan,” ujarnya mewakili Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto yang tak dapat hadir di Tarakan.

Lanjutnya, setiap penumpang, personel pesawat udara, orang perseorangan dan barang  yang akan masuk ke wilayah daerah keamanan terbatas di bandara harus dilakukan pemeriksaan keamanan agar tercapainya slogan dari Dirjen Perhubungan Udara yaitu 3S+1C (Safety (Keselamatan), Security (Keamanan) dan Services (Pelayanan) serta Compliance (Pemenuhan terhadap aturan yang berlaku). 

“Pemeriksaan keamanan tersebut merupakan kegiatan utama dari personel keamanan penerbangan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan penyelenggaran kegiatan di Bandar udara berjalan dengan aman dan nyaman,” kata dia.

“Tugas pokok utama dari personel keamanan bandar udara harus memastikan penumpang, personel pesawat udara dan barang bawaan dan orang perseorangan yang memasuki daerah keamanan terbatas dan atau ruang tunggu tidak membawa barang dilarang (prohibited items) yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan melawan hukum dalam penerbangan,” sambungnya.

Selama 3 tahun terakhir, personel keamanan Bandar udara sudah membantu tugas dari BNN dan Kepolisian dengan berhasil menggagalkan berbagai upaya penyelundupan narkoba.

Atas prestasi ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memberikan apresiasi atau penghargaan yang sangat tinggi kepada personel keamanan penerbangan Bandar udara yang sudah melakukan penangkapan tersebut.

Sementara, Kepada Kantor UPBU Kelas I Utama Juwata Tarakan Agus Priyanto berharap, dengan pemberian penghargaan atau apresiasi ini, akan ada bimbingan teknis peningkatan kemampuan bagi petugas keamanan penerbangan.

“Saya sudah sampaikan agar kami diberikan bimtek untuk meningkatkan kemampuan. Pemberian penghargaan dan bimtek bisa meningkatkan motivasi mereka untuk mengagalkan upaya penyeludan narkoba melalui bandara Tarakan yang notabene Tarakan gerbang dari Malaysia,” jelasnya.

“Jadi, susah membendungnya, apalagi permintaan dari masyarakat sendiri bisa meloloskan dari Tarakan dengan upah besar, mereka selalu meningkatkan kemampuan dan mereka tidak kendor dalam melaksanakan tugas mereka sebagai securiti di Bandara Internasional Juwata Tarakan,” pungkas Agus.(HK)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories