HK News

Foto

Rumah Nyaris Dilahap Api, Diduga Api Berasal Dari HP di Dalam Lemari Pakaian

TARAKAN - Damker dan Penyelamat Kota Tarakan mendapatkan sebuah laporan dari salah satu warga melalui via call center 112.

Terjadinya kebakaran di rumah ibu Silviana yang berada di Jalan Hasanuddin Gang Rukun No 28 RT 18 Kelurahan Karang Anyar Pantai, Selasa (15/9) sekira pukul 17.30 Wita. 

Tim merespon dengan cepat laporan yang di terima, Damker dan Penyelamat sektor barat langsung menuju lokasi TKK (tempat kejadian kebakaran). Dan di backup dengan Mako Damker dan Penyelamat Kampung 1, setibanya di lokasi (TKK) personil bergerak pada sasaran dan melaksanakan pemadaman pada titik api yang berada di dalam kamar belakang di rumah tersebut. 

Api dapat dikendalikan, api tidak sempat membesar dan merambat ke tempat-tempat lainnya. Dalam kejadian ini hanya lemari pakaian yang terbakar. 

"Dugaan serta info dari pemilik rumah, api tersebut berasal dari lemari pakaian yang terbakar, ada beberapa Handphone dan remot control televisi di dalam lemari. Dugaan ini lah sementara kita simpulkan penyebab kebakaran yang berawal dari lemari," ujarnya Kasi Ops PMK Irawan. 

Armada langsung turun dengan jumlah dan kekuatan, armada fire truck 2 unit suply truck 4 unit, dan 1 unit fire jip pertamina, 1 unit ambulance 112, dan PMI. Dengan berjumlah personil fire rescu 20 orang, pertamina brigade 5 orang, PMI 4 orang, 2 orang personil 112, dan ADO 5 orang relawan. 

"Terkait dengan kejadian ini dalam identifikasi sementara penyebabnya handphone meledak," jelasnya. 

Analisis api berasal dari HP,  masalah baterai ternyata tidak ada cukup ruangan antara lapisan pelindung panas dan bagian internalnya, sehingga menyebabkan korslet dan ternyata beberapa sel ditemukan tidak memiliki insulation tape, dan beberapa baterai memiliki prostrusi (tonjolan) yang tajam yang dapat menyebabkan kerusakan pada separator antara anoda dan katoda. 

Ponsel sering terjatuh bisa mengakibatkan Ponsel yang terjatuh juga menyebabkan kerusakan pada baterai. Lithium-ion sebetulnya jarang meledak, akan tetapi apabila ponsel terjatuh, maka hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada komponen di antara sel yang berujung pada korslet internal. 

Kepanasan, Inilah penyebab yang umum terjadi, yakni ledakan saat mengisi daya. Ketika mengisi daya, baterai pasti mengalami panas berlebih. Biasanya, hal ini terjadi hanya pada temperatur tinggi, kecuali ada cela pada baterai.

"Overcharging (pengisian daya berlebih) ditengarai menjadi pemicu umum yang membuat ponsel kepanasan," tutupnya Irawan.(HK


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories