HK News

Foto

Gubernur Kaltara Resmikan Pelabuhan Tengkayu I Tarakan, Irianto Akan Temui Menhub Bahas Ini...

TARAKAN - Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie meresmikan Pelabuhan Tengkayu I Tarakan, Sabtu,15 Agustus 2020. Pembangunan Tengkayu I masih terus berlanjut. Pemprov membutuhkan suntikan anggaran dari pemerintah pusat. 

Dikatakan Irianto, penyelesaian pembangunan pelabuhan Tengkayu I menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sehingga untuk kelanjutan pembangunan Tengkayu I Gubernur akan menemui Menteri Perhubungan (Menhub). 

"Penyelesaian ini melalui APBN, saya sudah lapor ke Presiden Jokowi minta dukungan APBN karena saat itu pak Menhub sakit, sebelum saya cuti saya bisa bertemu Menhub apakah dianggarkan di 2021 atau di perubahan," ungkap Irianto usai peresmian. 

Menurutnya, harus bisa meyakinkan pemerintah pusat agar bisa mendapatkan bantuan APBN. Dana pembangunan Tengkayu I Tarakan sudah menelan APBD lebih dari 100 milyar. 

"Kita berjuang meyakinkan, dana kita sekitar 50 persen 100 milyar lebih untuk menuntaskan sesuai rencana induk atau master plan lebih 200 milyar. (Butuh anggaran lagi) 100 milyar lebih," ujarnya. 

Gubernur Kaltara partisipasi swasta membangun hotel dan restoran di pelabuhan Tengkayu I Tarakan. Terdapat space yang cukup untuk pihak swasta yang ingin berinvestasi.

"Atau kita bangun sendiri lalu kita sewakan, dikelola perusda kah, inikan dua lantai bisa jadi cafe, wisata kuliner, restoran, apalagi kalau malam tidak hujan (suasananya bagus)," jelasnya. 

Lebih jauh dikatakan Irianto, APBD Pemprov Kaltara akan fokus pembagunan kantor di ibukota mandiri. Beberapa kantor Pemprov Kaltara yang telah rampung seperti kantor inspektorat, kantor dinas pendidikan. 

"Kalau APBD kita fokus pembangunan kantor di ibukota mandiri. Ini sudah akan selesai kantor inspektorat, menyusul kantor dinas pendidikan dengan dinas yang lain, kantor Gubernur, terutama kantor DPRD pondasi awal kita coba di APBD perubahan kita anggarkan," urainya. 

"Ini upaya kita memprioritaskan dengan mengorbankan yang lain. Mestinya kalau saya tidak bangun ini (pelabuhan Tengkayu I) kantor Gubernur, rumah jabatan gubernur, kantor DPRD sudah selesai, paling tidak ada sudah mulai, ini untuk kepentingan rakyat kan, termasuk insentif guru, rehab rumah orang miskin, kesehatan gratis," tutupnya.(hk3


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories