HK News

Foto

18,3 Ton Lada Asal Bulungan Siap Berlayar ke Surabaya

hariankaltara.com, TANJUNG SELOR - Lada atau merica merupakan salah satu ragam rempah-rempah yang sudah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Lada disebut sebagai rajanya rempah-rempah atau King of Spice.

Dari ratusan jenis rempah-rempah di dunia, lada adalah rempah-rempah yang paling banyak digunakan dalam masakan di dunia.

Karantina Pertanian Tarakan Wilayah Kerja Tanjung Selor melakukan tindakan karantina terhadap 18,3 ton dengan nilai barang Rp.603.900.000 dengan tujuan ke Surabaya.

"Tindakan karantina dilakukan di gudang pemilik dengan tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, di era kenormalan baru," ungkap Kepala Karantina Pertanian Tarakan, drh. Akhmad Alfaraby.

Sebelum lada ini berlayar ke Surabaya dilakukan tindakan karantina berupa pemeriksaan kelengkapan dokumen dan kesehatannya.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh pejabat karantina tumbuhan untuk memastikan lada sehat dan tidak terinfeksi OPTK," ujarnya.

Setelah lada dinyatakan sehat dapat diterbitkan sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area ( KT-12) dan siap dilalulintaskan.(hk1)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories