HK News

Foto

Dua Pondok Pesantren di Tarakan Jadi Pilot Projek Pengembangan Kemandirian Ekonomi Pesantren

TARAKAN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Tarakan terkait pengembangan kemandirian ekonomi pesantren, Selasa, 23 Juni 2020.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir pimpinan PP. Pesantren Hidayatullah Kota Tarakan dan Pimpinan PP. Daarul Ilmi Kota Tarakan.

Tahap awal pesantren yang akan menjadi pilot project pengembangan adalah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Tarakan dengan unit pengembangan usaha Pengolahan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Pondok Pesantren Darul Ilmi Muhammadiyah Tarakan dengan unit usaha jasa laundry melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

"Pesantren sangat berpotensi dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Adapun peran BI di bidang pengembangan ekonomi syariah dilakukan melalui 3 pilar yaitu pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah dan penguatan riset, asesmen, dan edukasi," ungkap Kepala BI Kaltara, Yufrizal.

Adapun tujuan program kemandirian ekonomi pesantren ini adalah:

a. Mendorong peningkatan usaha baru dan atau pengembangan unit usaha syariah existing di pesantren, diantaranya melalui replikasi model bisnis usaha syariah pesantren, untuk meningkatkan kemandirian ekonomi pesantren.

b. Menggali potensi & inovasi baru untuk mengembangkan ekonomi syariah di pesantren.

c. Melaksanakan optimalisasi peran pesantren di Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi syariah di daerah.

d. Mewujudkan kemandirian pesantren dalam pemenuhan kebutuhan biaya-biaya operasional dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dan mencetak para santri untuk memiliki jiwa entrepreneurship.

Penulis: hk2-red


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories