HK News

Foto

Rapid Test Positif, Warga Tolak Pengambilan Swab

NUNUKAN - Sebanyak 18 sampel swab diambil Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan dengan rincian 2  follow up dan 16 lainnya merupakan diagnosa pada Sabtu, 6 Juni 2020.

Aris Suyono, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Nunukan mengatakan dari 18 orang sampel swab merupakan hasil surveilans aktif sebanyak 11 orang.

"2 orang follow up pengobatan dan 5 orang pelaku perjalanan yang sering melakukan rapid test di RSUD Nunukan. Hasil rapid test dinyatakan reaktif sehingga pengambilan swab," jelas Aris..

Pengambilan swab juga dilakukan Gugus Tugas Covid-19 Nunukan di puskesmas Long Bawan.Sebanyak 37 orang diambil swabnya dari target sasaran 52 orang.

Diakui Aris, saat pengambilan swab di wilayah Krayan, petugas mengalami kendala seperti jarak yang cukup jauh dan masalah sarana komunikasi.

Tak hanya itu, masalah lainnya petugas ditolak warga saat ingin mengambil swab. Hal itu menyusul hasil rapid test warga ada yang reaktif.

Aris mengimbau seluruh masyarakat dalam upaya pengendalian pencegahan Covid-19 sama dengan program pencegahan penyakit menular pada umumnya. 

"Jika dinyatakan konfirmasi positif akan kita lanjutkan dengan terapi pengobatan dan juga yang penting isolasi atau karantina. Tujuannya untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19 di masyarakat. Kita berharap masyarakat ikut proaktif mengikuti arahan dari tim medis yang terjun ke lapangan," tutup Aris.(hk4)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories