HK News

Foto

Bakar Sampah, Api Menjalar Bocorkan Jaringan Gas PGN

HARIANKALTARA.COM - Aspiani tidak menyangka perbuatannya menyebabkan keresahan. Pasalnya, membakar sampah di samping rumah saat cuaca panas menyebabkan api menjalar dan melahap tanaman hingga menyebabkan kebocoran jaringan gas Perusahaan Gas Negara (PGN).

Kronologisnya, Aspiani sekira pukul 14.30 WITA menyapu dedaunan di halaman rumahnya. Rumah Aspiani di atas tebing dan terdapat pohon bambu ukuran besar rindang samping rumahnya. Usai menyapu halaman ia pun membakar sampah. Setelah dia bakar sempat ia tinggalkan. Tak berapa lama, api sudah menjalar hingga melahap pohon bambu dan rerumputan.

"Saya bakar sampah menjalar apinya, saya lapor ke anggota PMK, dia tinggal di belakang rumah," ujarnya Kamis (28/2).

Beruntung tak ada barang berharga yang terbakar, hanya saja api yang menjalar mengenai jaringan gas milik PGN. Petugas PMK Sektor Tarakan Barat selain memadamkan api juga melaporkan kepada pihak PGN atas kebocoran gas tersebut.

"Asal api dari pembakaran sampah dari warga merambat ke pohon bambu menyebabkan jaringan gas terbakar, ada petugasnya (PGN) kesini, karena pipa gas tidak tertanam," jelas Komandan Pemadam Sektor Tarakan Barat, Lasius.

Diakui Lasius, tidak ada hambatan memadamkan api. Ia mengimbau agar masyarakat jangan membakar sampah tanpa penjagaan. Mengingat, musim kemarau dan angin kencang akan memudahkan terjadinya kebakaran.

"Kalau mau bakar sampah di tempat luas, ini musim kemarau," tandasnya. (HK5)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories