HK News

Foto

Gencarkan Pajak, KPP Tarakan Sasar Petambak dan Nelayan

HARIANKALTARA.COM — Lantaran tidak capai target dalam penerimaan pajak dibeberapa tahun belakangan ini, Kantor Pajak Pratama (KPP) Tarakan terus menyisir Wajib Pajak (WP) yang ada di Tarakan.

Selain pegawai, pengusaha dan pemilik hotel, KPP Tarakan akan lebih menyisir ke daerah pesisir seperti kalangan pengusaha tambak, pengepul bahkan nelayan untuk mengejar WP yang belum terjangkau oleh mereka. Hal ini memang sudah dilakukan KPP Tarakan sejak 2016 lalu, namun belum maksimal. Seiring target penerimaan pajak naik drastis sekitar 37 persen menjadi Rp 920 miliar di 2018 ini, KPP Tarakan akan lebih mengerucut dalam menjangkau para WP di daerah pesisir tahun ini.

“Data WP untuk bidang perikanan, kita (KPP Tarakan) dapatkan dari Balai Karantina Hewan, cool storage dan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disdagkop) Tarakan, karena mereka yang memberi izin ekspor hasil perikanan ke luar,” beber Kepala KPP Tarakan, Fery Corly di kantornya.

Fery mengatakan dari 2016 hingga awal 2018 ini, KPP Tarakan sudah berhasil mengimbau sekira 500-an lebih WP yang ternyata belum membayar pajak hasil dari perikanan mereka. Menagih sekitar 4 pengepul yang enggan membayar pajak namun sudah berhasil diselesaikan. Kebanyakan adalah pengepul atau pengusaha udang, ikan dan rumput laut.

Sekedar informasi, hanya orang-orang yang mempunyai penghasilan diatas Rp 54 juta dalam 1 tahunnya yang dikenakan pajak.
“Dikiranya sudah membayar pajak setiap bulannya karena sudah dipotong dari cool storage masing-masing. Tapi mereka belum tahu kalau hasil penghasilan setiap tahunnya ada pembayaran pajak lagi, yaitu yang penghasilan diatas Rp 54 juta bagi WP belum menikah sebesar 5 persen,” ujarnya lagi.

Fery berharap agar data dari dinas-dinas terkait lebih sering dikoordinasikan dan disampaikan langsung ke KPP Tarakan. Seperti data koperasi dari Disdgkop untuk pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi yang dilakukan setiap tahunnya. (HK3)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories