HK News

Foto

Embung Indulung Baru Dibangun 2109

HARIANKALTARA.COM — Pembangunan Embung Indulung di Tarakan tampaknya belum akan terealisasi tahun ini. Hal ini dikatakan langsung oleh asisten II Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan, Jamaluddin yang menuturkan pembangunan embung Indulung masih berproses dalam pengadaan lahan dan pemasangan jaringan pipa transmisi.

Setidaknya embung ini membutuhkan sekitar 8 hektare dan saat ini masih dalam proses pembebasan lahan 2 hektare.
“Masih jauh, jadi belum sampai ke lokasi intake-nya, apalagi pembuatan embungnya, kemungkinan 2019 baru bisa dimulai (pembangunannya),” ujar Jamal kepada awak media.

Curah hujan di Kota Tarakan terbilang cukup tinggi. Hal ini yang membuat pembangunan embung dianggap solusi terbaik dalam menampung curah hujan untuk memenuhi kebutuhan air warga Tarakan di beberapa kelurahan, yakni Kelurahan Kampung Satu, Kelurahan Pantai Amal dan Kelurahan Kampung Enam. 

Total biaya pembangunan embung, intake dan jaringan pipa Indulung nantinya mencapai sekitar Rp 168 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Tahap pertama (pembebasan lahan) sekitar 2 hektare dulu, nanti embungnya sekitar 6 hektare, jadi bertahap. Kalau ada sengketa (tanah) itu hanya antara masyarakat dengan SKA (Sertifikat Keahlian Kerja), kebetulan tanah yang mau dijadikan embung itu dekat disana, kita pastikan tidak kena lahan masyarakat,” bebernya lagi.

Tampungan air di embung Indulung diperkirakan lebih banyak dibanding embung-embung sebelumnya. Di mana pipa transmisi berdiameter 60 centimeter akan dipasang sepanjang 11 kilometer dari Sungai Indulung yang kemudian ditampung ke embung tersebut. Lanjut Jamal, penyebaran air bersih nantinya akan tersebar di banyak wilayah di Tarakan.

“Air baku dari embung indulung nanti didorong ke Kampung Satu, kan ada IPA (Instalasi Pengolahan Air) disana. Lalu Kampung Satu memproduksi, jadilah air bersih,” kata Jamal.

Lanjutnya, dipilihnya lokasi pembangunan embung Indulung di daerah Binalatung, Pantai Amal dikarenakan lokasi dianggap cukup strategis untuk pembangunan embung. Meski curah hujan tidak sedang tinggi, namun diperkirakan jumlah air di lokasi tersebut tetap stabil. Dengan luas genangan embung mencapai 2,62 hektare, setidaknya mampu menampung air hingga sekira 123.000 meter kubik. (HK3)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories