HK News

Foto

Kejari Tarakan Segera Jadi Tipe A

HARIANKALTARA.COM-Status tipe B yang dikantongi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tarakan belum berubah. Menjadi wilayah di utara Indonesia, tentu memiliki tantangan sendiri, seperti kejahatan lintas negara tetangga.
Dikatakan Kasi Intel Kejari Tarakan Andi Tri Saputro, SH, saat ini jumlah personel jaksa di Kejari Tarakan sebanyak 12 orang yang terbagi dibagian pidana umum (pidum), pidana khusus (pidsus), intelejen, perdata dan tata usaha negara (datun), dan bagian barang bukti. 
“Jumlah SDM kita sampai saat  ini sudah mumpuni, memiliki profesionalitas, integritas, dan profesional, cukup (jumlahnya), saat ini masih Tipe B,” ungkap Andi belum lama ini.
Menurutnya, dengan perkembangan ideologi, politik, sosial budaya dan pertahanan karena Tarakan, Kalimantan Utara terletak di perbatasan, menajdi pintu masuk kejahatan lintas negara seperti dari Malaysia, Vietnam dan lainnya. Sehingga diperlukan peningkatan status Kejari Tarakan menjadi tipe A. Lanjut Andi, kemungkinan itu bisa direalisasikan tahun depan.
“Mudahan tahun depan naik tipe A, untuk gedung (bangunan kantor) bisa berharap ada perbaikan-perbaikan dari Kejaksaan Agung, mengingat kantor ini sudah lama,” jelasnya. 
Ditambahkan Andi, penanganan perkara saat ini oleh jaksa yang ada sudah termasuk ideal.”Jumlah jaksa cukup saat ini karena penanganannya (perkara) ideal tidak ada yang terbengkalai,” katanya.
“Perkara menonjol tidak ada, biasa-biasa, kalau pidana umum paling banyak perkara narkoba, baru lebih (perkara baru) menangani perkara teroris,” imbuhnya. (HK5)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories