HK News

Foto

Wagub Apresiasi Kinerja TNI dalam Menjaga Stabilitas Negara

TARAKAN – Tepat hari ini, Selasa (5/10/2021), Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia 76 tahun.

Hari jadi pun serentak diperingati di seluruh penjuru Indonesia. Termasuk di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang dipusatkan di Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII Tarakan.

Upacara ini diikuti dari berbagai unsur TNI. Baik Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara. 

Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara, Dr Yansen TP, M.Si beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga turut hadir di hari bersejarah itu.

Wagub menilai sejauh TNI telah bekerja keras dan baik. Hal ini dibuktikan dengan terciptanya kemanan dan ketertiban bangsa. Tak terkecuali di perbatasan Indonesia – Malaysia.

“Saya ucapkan selamat HUT TNI ke 76 tahun, kita patut bersyukur di usia 76 tahun ini TNI masih bekerja keras menjaga kedaulatan negara, jadi ini bukti nyata TNI kuat dalam menjaga keamanan kedaulatan negara di seluruh bangsa, termasuk di Kaltara ini," kata Wagub.

Sebagai kawasan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, Wagub menegaskan peran TNI beserta jajarannya dan Polri sangat penting. 

Sebagaimana diketahui Kaltara banyak memiliki pintu masuk yang rawan digunakan tindak kejahatan, baik trafficking maupun narkoba yang segera harus disikapi.

"Selain Polri, TNI menjadi andalan kita dalam hal penanganan wilayah perbatasan, dengan harapan TNI dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin, agar wilayah perbatasan kita tetap aman, dan kedaulatan negara dapat terjaga dengan baik," tegas Wagub.

Tidak hanya itu, Wagub juga sangat bersyukur dengan keberadaan TNI di Kaltara. Bagaimana tidak, di tengah pandemi, TNI turut aktif melaksanakan tugasnya dengan baik guna menekan penyebaran Covid-19.

“Semoga apa yang dilakukan TNI ini dapat terus berlangsung hingga kita terbebas dari Covid-19. Kita yakin jika TNI, Polri dan pihak lainnya bersinergi dengan Pemda melaksanakan tugas dengan baik, maka Covid-19 bisa ditangani bersama, sehingga kita bisa kembali pada situasi normal dan melanjutkan pembangunan, baik di pusat maupun di daerah," tambahnya.

Wagub memastikan, Pemprov Kaltara akan terus bersinergi dengan TNI, Polri dan instansi lainnya. 

Termasuk memberikan dukungan dalam setiap kegiatan yang dilakukan TNI dan Polri di Kaltara.

"Bisa kita lihat bersama dalam situasi sekarang ini, kegiatan yang dilakukan TNI selalu didukung Pemprov Kaltara, meski dukungan itu belum bisa maksimal tapi tetap bisa mendukung kelancaran operasi TNI dan Polri," ungkapnya.

Mantan Bupati Malinau dua periode itu mengharapkan penegakan tata negara dapat bekerja sama dengan Polri, Pemda dan masyarakat. Karena, lanjut dia, dengan saling bekerja sama maka akan semakin kokoh dalam menjaga kedaulatan negara. (adpim)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories