HK News

Foto

Dihantam Gelombang Tinggi, Perahu Seorang Nelayan Hancur

TARAKAN – Cuaca ekstrim yang terjadi pada Rabu malam (6/10) menyebabkan membuat angin bertiup cukup kencang dan menimbulkan gelombang yang tinggi di perairan Tarakan Sehingga hal itu membuat salah satu perahu milik warga RT 6 Kelurahan Lingkas Ujung hancur dan terbelah dua.

Rustan, Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kota Tarakan menjelaskan, gelombang tersebut menghancurkan perahu seorang nelayan bernama Sanusi warga RT 6 Kelurahan Lingkas Ujung Kelurahan Tarakan Timur.

“Kejadiannya sekitar jam 07 malam. Semoga ini bisa menjadi perhatian pemerintah dalam melindungi nelayan,” bebernya.

Sementara itu, Ketua RT 6, Rusdiah membenarkan salah seorang warganya yakni Sanusi yang berprofesi sebagai nelayan menjadi korban. Satu perahu bermesin sekitar 15 PK hancur diterjang gelombang di area pesisir RT 6 malam tadi.

"Waktu kejadian beliau masih di perahunya. 

Ombak kencang sekali jadi beliau pas naik tangga ke atas jembatan pas juga pecah perahunya terbelah dua hancur,” ungkapnya.

Dikatakannya, kondisi gelombang memang cukup tinggi. Kendati demikian, ia menerangkan pihak kelurahan sudah melakukan peninjauan pagi tadi. Ia melanjutkan, kondisi gelombang semalam memang cukup tinggi.

Walau begitu, Sanusi sempat menyelamatkan pakaian dalam tas miliknya.

Lanjutnya lagi, dari pihak kelurahan sudah melakukan peninjauan pagi tadi. Adapun informasi yang dihimpun dari Ketua KNTI Kota Tarakan, Rustam sudah melakukan penggalangan dana. 

“Kalau kompor, pukat, hanyut. Mesin tenggelam, mungkin sudah rusak. Sudah dicarikan dana. Saya rasa itu tidak bisa diperbaiki perahunya," jelasnya.

Kalau bisa beli baru biarpun second atau bekas. Karena perahunya hancur parah,” jelasnya. Ia melanjutkan, beberapa hari terakhir memang terjadi hujan. Dan anginnya cukup kencang seperti angin puting beliung. 

“Lumayan kencang semalam anginnya mungkin ditambah gelombangnya juga lumayan. Ombaknya semalam bergulung-gulung, ngeri,” pungkasnya.(hk)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories