HK News

Foto

Lepas Peserta Jambore, Gubernur Serukan Sikap Saling Menolong

TARAKAN - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs. H. Zainal A Paliwang SH., M.Hum secara resmi melakukan pelepasan Kontingen Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Utara yang akan mengikuti Jambore Nasional ke-XI di Halaman VIP Bandara International Juwata Tarakan, Kamis (11/8).

Jambore Nasional ke-XI akan digelar 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Gubernur berharap, agar kontingen Kwarda Kaltara dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan aktif. Ia menyebut kegiatan tersebut dengan rekreasi edukatif. Sebab tujuannya sangat bermanfaat bagi peserta dan dapat membentuk sikap dan karakter para anggota Gerakan Pramuka. 

“Serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,”jelas Gubernur. 

Dikatakannya, Pramuka merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Di mana kegiatan tersebut dilakukan di alam terbuka dengan prinsip kepramukaan. “Yang sasarannya pembentukan watak, akhlak dan kepribadian yang luhur,”jelasnya. 

Kepramukaan, kata Gubernur juga menjadi sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat bangsa Indonesia. 

Oleh sebab itu, Gubernur berpesan pada seluruh peserta maupun pembimbing agar selalu menjaga sikap dan perilaku. Serta berikan citra positif untuk Kalimantan utara. “Bersikaplah ramah, sopan, dan berbudi pekerti. Ringan tangan untuk menolong sesama yang sejalan dengan kode kehormatan Gerakan Pramuka,”tuntasnya. (dkisp)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories