HK News

Foto

PAKUWAJA Turut Melestarikan Budaya Jawa Dalam HUT Ke 15 Kabupaten Tana Tidung

Tana Tidung - Rangkaian HUT Ke 15 Kabupaten Tanah Tidung 2 November 2022 merupakan puncak serangkaian acara kirap karnaval dan pagelaran seni budaya Irau dilaksanakan secara meriah tampil berbagai kesenian tradisional yang ada di Kabupaten Tana Tidung. 

Hadir dalam kegiatan tersebut

Bupati tanah Tidung, Ketua DPRD Tanah Tidung, Forkopimda, pimpinan instansi pemerintah dan swasta.

Para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat se Kabupaten Tana Tidung serta seluruh warga masyarakat yang begitu antusias menyaksikan pagelaran seni irau. 

Ketua Pakuwaja Tana Tidung, Mualif menuturkan warga perantau Jawa yang ada di Tana Tidung dapat berpartisipasi serta bersinergi kepada pemerintah serta paguyuban lainya untuk menciptakan kerukunan, kebersamaan yang menjadi modal dasar pembangunan di Tana Tidung.

Disampaikan pula pakuwaja juga turut serta menampilkan Bazar makanan tradisional khas Jawa yang sangat digemari para pengunjung Bazar UMKM serta hari ini menampilkan kesenian Reg ponorogo. 

"Ada tujuanya pagelaran Reog Ponorogo Selain untuk menghibur kepada warga Tanah Tidung pada umumnya juga bertujuan untuk memberikan edukasi buat generasi muda serta anak anak bahwa Reog merupakan seni budaya asli ponorogo yang wajib kita lestarikan turun temurun agar tidak musnah seiring dengan kemajuan jaman," ujar Mualif. 

Di sisi lain dengan seni merupakan hiburan tersendiri juga merupakan sarana silaturahmi sesama warga untuk berkumpul menciptakan Guyub rukun saling mengenal Sesama warga.

"Kami warga pakuwaja dengan prinsip dimana bumi dipijak disitu langit kita junjung," pungkasnya.(hk) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories