by

Walikota Tarakan Pimpin Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana

TARAKAN - Pemerintah Kota Tarakan bersama TNI-Polri menggelar Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana di halaman Parkir Kantor Walikota Tarakan, Rabu (18/11/2020).

Apel yang melibatkan sinergi TNI-Polri dan Pemerintah dilakukan sebagai upaya  kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di  wilayah Kota Tarakan.

Walikota Tarakan dr. Khaerul M.Kes menuturkan apel gelar pasukan ini dalam rangka tanggap bencana tahun 2020. Sekaligus merupakan dari pengabdian kepada masyarakat.

Ditambah lagi tahun ini terjadi pandemi Covid-19 yang tak disangka akan berlangsung hingga saat ini dan belum diketahui kapan masa berakhirnya.

"Di samping itu bencana mulai dari kebakaran, banjir, tanah longsor dan musibah lainnya datang silih berganti di Kota Tarakan yang bahkan sampai menimbulkan korban jiwa," ujar dr. Khairul. 

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tarakan juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh pihak yang selama ini telah menunjukkan kesungguhan dan mencurahkan energinya dalam penanggulangan bencana di Kota Tarakan, mulai dari unsur SAR, TNI/Polri, unsur OPD dan para relawan. 

Sinergi yang telah ditunjukkan telah memberikan manfaat besar dalam penanganan bencana di kota ini. "Dan saya percaya bahwa dengan keberadaan saudara sekalian dapat semakin memberikan rasa aman di tengah tengah masyarakat," tuturnya. 

Komandan Kodim 0907/Trk Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto melalui Danramil Mayor Inf Sarwono mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan mengetahui kekuatan kesiapsiagaan pasukan dalam menghadapi bencana. 

Dihadapkan dengan perubahan cuaca yang sering terjadi akhir-akhir ini di Kaltara  membuat kita harus benar-benar siap mengantisipasi terjadinya bencana.

"Apalagi di tengah pandemi saat seperti ini,diperlukan langkah proaktif dari seluruh stakeholder untuk membantu masyarakat sesuai dengan UU nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana yang bertujuan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana," tutupnya.(*)