by

PMI Kaltara Berikan Materi Bimtek Relawan Penanggulangan Bencana Desa Atap Sembakung

NUNUKAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Utara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) relawan penanggulangan bencana Desa Atap Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan  dengan tema "Bersama Relawan Penanggulangan Bencana, Kita Tingkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Menuju Desa Atap Tangguh Bencana".

Bimtek digelar dari tanggal 18-20 November 2020 yang bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Atap Kecamatan Sembakung dengan Jumlah Peserta sebanyak 20 orang dari unsur masyarakat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Utara melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kaltara sebagai narasumber dengan materi Peran dan Fungsi relawan, PPGD (Resusitasi Jantung Paru /RJP, Shock dan Pendarahan, Fraktur/Fatah Tulang Terbuka atau Tertutup, Luka Bakar, Evakuasi Korban), Manajemen Pengungsian/Posko, Alur Pencatatan dan Pelaporan). 

"Tujuan dari bimtek relawan Penanggulangan Bencana agar Relawan Desa Tangguh (Destana) Desa Atap Kecamatan Sembakung Kabupaten Nunukan mampu dan memahami Peran dan Fungsi dari relawan Desa Tangguh," jelas Ketua Markas PMI Provinsi Kaltara, Amrin, SE.

"Kemudian mampu memberikan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), memahami fungsi dan menjalankan Manajemen Pengungsian/Posko serta dapat menjalankan dan mengerjakan Pencatatan dan pelaporan," tutupnya.(*)