by

Wali Kota Serahkan Simbolis Manfaat Beasiswa Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

TARAKAN – Wali Kota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes, menyerahkan secara simbolis Manfaat Beasiswa Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Tarakan, Rabu (21/4).

Kegiatan tersebut dilakukan serentak secara nasional dengan metode virtual. Untuk Kota Tarakan pada tahun ini ada sekitar 62 anak yang memperoleh manfaat beasiswa dengan tanggungan pendidikan sesuai jenjang hingga ke Perguruan Tinggi.

Perolehan manfaat tersebut diberikan atas klaim akibat kejadian yang menimpa  orang tua mereka baik itu karena kecelakaan kerja ataupun kecelakaan di luar aktivitas kerja tetapi memiliki kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.  

Dikatakan Wali Kota usai penyerahan simbolis tersebut, bahwa keikutsertaan masyarakat dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan belum menyeluruh, jumlahnya tidak sebanyak kepesertaan pada jaminan kesehatan, dalam hal ini BPJS Kesehatan.

Untuk itu masyarakat diimbau, terutama yang bergerak pada bidang sektor informal, ikut dalam kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini. Dikatakannya bahwa setiap orang memiliki potensi kecelakaan yang bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, yang berakibat resiko ringan hingga meninggal dunia. “Asuransi itu ibaratnya sedia payung sebelum hujan,” ujar wali kota. 

Ia juga menekankan pentingnya untuk mengikuti semua kepesertaan baik itu kesehatan dan ketenagakerjaan agar dapat melindungi secara menyeluruh segala kemungkinan yang terjadi.

Hal tersebut dikarenakan tidak semua klaim dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan, misalnya jika terjadi kecelakaan. Keuntungan lainnya dengan kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini, dijelaskan wali kota, adanya jaminan hari tua sebagai manfaat lainnya yang juga dapat  diperoleh oleh para peserta.(*)