by

Ekspor 91 Ton Hasil Perikanan, Kaltara Terus Tingkatkan hasil

TARAKAN - Kaltara sukses melakukan ekspor 91 ton hasil Prikanan dari Kaltara. Ekspor ini juga dilakukan seluruh wilayah di Indonesia Dalam rangka menyambut bulan mutu karantina ikan tahun 2021.

Saat dikonfirmasi, Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Tarakan, Umar menuturkan, sebanyak 91 ton hasil prikanan akan diekspor menggunakan kontainer (peti kemas) dengan negara tujuan Jepang dan Taiwan.

“Tujuan ekspor produk perikanan dari Kaltara khususnya Tarakan, ke negara seperti Jepang, Taiwan, Uni Eropa, Inggris. Dari semua negara tujuan, ekspor produk perikanan paling besar yakni Jepang," jelas Umar.

Dijelaskannya, adapun jenis produk ekspor kaltara saat ini yakni  Udang Windu, Kepiting, Bandeng, Tenggiri, Bawal, Kerapuh dan Ikan Laut lainnya. Ia menambahkan, khusus pengiriman ke Tawau Malaysia, pihaknya melakukan pengiriman dengan menggunakan kapal kayu.

Lanjut Umar, dalam sehari rata-rata nilai ekspor dari Tarakan mencapai Rp 2 Milliar – Rp 3 Milliar. Adapun jalur ekspornya dibagi menjadi tiga yakni ekspor langsung dari Tarakan ke Negara tujuan, kedua ekspor melalui Surabaya dan Jakarta kemudian terakhir domestik kemudian di ekspor dan pendapatanya kembali ke Tarakan.

"Saat ini kan kita hanya bisa mengekspor langsung ke Tawau saja, kalau negara seperti Jepang dan China tetap melalui Surabaya atau Jakarta dulu. Tentu kami berharap supaya pintu Ekspor langsung di Tarakan ini dapat dibuka, sehingga nelayan dapat lebih menikmati hasil jeri payahnya," pungkasnya.(*)