by

Satgas Pengawasan Pangan Akan Pantau Harga, Ketersediaan dan Penimbun Barang

TARAKAN - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tarakan akan melakukan pengawasan pangan jelang lebaran Idul Fitri. Satuan tugas (Satgas) rencananya dibentuk. 

Tupoksi satgas ini adalah mengawasi pendistribusian pangan maupun proses penjualannya. Kehadiran satgas juga, diharapkan mampu menstabilkan harga sehingga tidak menyebabkan keresahan di tengah masyarakat ingin merayakan hari raya keagamaan. 

"Satgas ini melakukan pengawasan agar distribusi dan penjualan bahan pokok dan pangan tetap terkendali dan tidak terjadi kenaikan harga drastis menjelang hari raya," ungkap IPTU M Aldi, selaku Kasat Reskrim Polres Tarakan. 

Tentunya polisi tak sendiri dalam satgas ini, dinas perdagangan ikut terlibat di dalam satgas. Tim satgas dituntut membuat laporan kondisi distribusi dan penjualan di lapangan setiap harinya. 

"Sampai saat ini kita melihat masih normal ya harga-harga," ucapnya. 

Selain mengantisipasi kelangkaan bahan pangan, satgas mengawasi oknum-oknum yang suka menimbun pangan untuk memanfaatkan momen tertentu untuk meraup untung besar. 

"Kita akan melakukan pengecekan penimbunan gudang-gudang bahan pokok di wilayah hukum Polres Tarakan,"  ujarnya. 

Ditambahkan Aldi, jika ada indikasi harga melonjak tinggi atau ada oknum menimbun pangan, segera dilaporkan ke satgas. "Segera laporkan kepada kami," tandasnya.(*)