by

Pencarian Korban Kapal Tug Boat TB Fortunisius Hari Ke-2 Masih Nihil

HARIANKALTARA.COM - Upaya pencarian Nasir dan Roni pada hari ke-2 di perairan Pulau Bunyu belum menemukan hasil alias nihil. Pencarian kembali dilakukan, Rabu (14/11) pagi.
Dua regu yang diturunkan, Selasa (13/11) belum berhasil menemukan kedua korban kapal tug boat yang karam dan tenggelam pada, Senin (12/11) dinihari tak jauh dari Menara Lama, perairan Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan tersebut.
Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Kaltimtara, Octavianto melalui SAR Diver Iwan Kurniawan mengatakan hasil penyelaman hari ini mendapati posisi kapal tug boat TB Fortunisius miring ke sebelah kiri. Kemudian pada deks terdapat pintu tertutup oleh dabra ban.
“Dabra ban itu (ukurannya) cukup besar, tidak dapat diangkat karena terjepit antara kayak pagar besi pada kapal tug boat, mau tak mau harus dipotong dulu rantainya,” terang Iwan melalui line telpon kepada Octavianto.
Setelah rantai itu dipotong maka dabra ban yang menghalangi pintu bisa disingkirkan. Keadaan cuaca semakin sore memaksa unsur SAR gabungan menghantikan pencarian untuk dilanjutkan esok hari.
“Kita tadi terkendala arus pak, rencananya besok kita nyelam bergantian bersama penyelam dari Angkatan Laut, yang nyelam dua orang saja karena ruangnya kecil, jadi satu orang penyelam menunggu di pintunya satu orang yang penetrasi ke dalam,” jelasnya.
Karena kondisi arus lumayan kencang, tim penyelam melakukan proses penyelaman pada jam-jam tertentu disaat arus tidak kencang. Menurut Iwan, tidak ada kendala di lapangan melainkan arus yang kencang. “Tidak ada kendala lain pak, kecuali karena arus, visibility buruk, visibility memang limited visibility,” imbuhnya.
Diketahui, total penyelam yang dikerahkan sebanyak empat orang. Dua orang dari Basarnas dan dua lagi dari Lantamal. “Malam ini kita melakukan koordinasi di Polsek Bunyu membahas perencanaan kegiatan besok,” kata dia.
“Pembahasan untuk yang searching (pencarian korban) di permukaan sama dalam air,” tuturnya.
Sebanyak 8 awak kapal tug boat TB Fortunisius, 6 diantaranya berhasil selamat dan telah dibawa ke Polres Bulungan untuk dimintai keterangan dan 2 orang lainnya belum ditemukan. (HK5)