HK News

Foto

Sensus Penduduk 2020 BPS akan Manfaatkan Teknologi

HARIANKALTARA.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan persiapan jelang pelaksanaan sensus penduduk 2020.

Dikatakan Kepala BPS Kota Tarakan, Imam Sudarmaji, sensus kali ini akan dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan cara manual dan memanfaatkan teknologi.

"Mau itu petugas datang ke rumah-rumah itu biasanya menanyakan keadaan rumah  dan sebagainya dan kedua menggunakan teknologi karena zaman sudah maju coba memanfaatkan data Adminduk Disdukcapil, kan ada NIK ada kontaknya," terangnya.

Lanjutnya, pemilik hp android akan dikirimi sejenis kuesioner agar diisi masyarakat, bila telah dilengkapi pertanyaan di dalam kuesioner bisa dikirimkan kembali kepada BPS.

"Pertanyaan umum saja misalnya anggota keluarga dan sebagainya, untuk diisi sendiri dan langsung dikirim, jadi survei online," jelasnya.

Walaupun masih sebatas wacana, kata Imam Sudarmaji, cara manual tetap dikolaborasikan dengan teknologi dalam proses sensus penduduk 2020 tersebut.

"Tapi tetap kolaborasi dengan manual bagi yang tidak punya hpnya kita datangi ke rumah, namun setelah dikolaborasi baru didatangi rumah ke rumah, rumahnya apa, kadar ekonomi sosial rumah tangganya itu," ujarnya.

Setelah data penduduk 2020 didapatkan maka diperbaharui oleh Disdukcapil setiap bulannya untuk memonitor mobilitas penduduk di Tarakan.

"Jadi mobilitas penduduknya bisa terlihat melalui hpnya, termonitor," tukasnya.
Tujuan sensus penduduk, kata Imam Sudarmaji, untuk menghitung jumlah penduduk yang ada di Tarakan dan mobilitas penduduk.

"Harapan masyarakat data real Disdukcapil dengan BPS samalah," pungkasnya. (HK5)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories