HK News

Foto

Motor Kanzen Karya Siswa Dibanderol Murah

HARIANKALTARA.COM - Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Tarakan telah berhasil merakit 14 unit sepeda motor bermerk Kanzen. Motor berbahan bakar bensin dan mesin jenis 4 tak ini, dipasarkan pihak sekolah bagi yang ingin memilikinya.
Dikatakan Kepala SMKN 2 Tarakan Drs FX Sunaryana MT, siswa di tahun 2009 telah berhasil merakit motor Kanzen dengan mendatangkan spare part dari luar daerah. Adapun harga motor ini dibanderol Rp 7,5 juta. Apakah siswa SMKN 2 juga telah merakit mobil? 
“Merakit mobil belum pernah tapi saya yakin siswa mampu, guru-guru bisa melatih anak-anaknya, seperti SMK yang di Solo itu pernah (merakit mobil),” ungkapnya.
Menurut Sunaryana, kendala tidak diproduksi lagi motor Kanzen karena tidak ada spare partnya.
“Pengadaan spare partnya itu diproduksi atau tidak, seperti motor ini tidak produksi lagi dari sana, kalau ada kami siap untuk merakit,” jelasnya.
Dibeberkannya, dua pekan lalu dilakukan rapat koordinasi antar SMK. Rencananya beberapa motor Kanzen akan dibeli oleh beberapa SMK di Kaltara.
“Motor itu mau dibeli mereka, maka kami masih membenahi karena lama tidak dihidupkan, sekaligus mengurusi STNK-nya, kami ada fakturnya sudah kami tanyakan ke Samsat,” ujarnya.
Sebanyak dua unit motor Kanzen telah dioperasikan dilingkungan sekolah. Dari 14 unit telah digunakan sekolah 2 unitnya. Tak sampai di situ, SMKN 2 pernah memproduksi laptop yang ludes terjual.
“Laptop dulu kami juga pernah memproduksi tapi sekarang tidak lagi karena sudah dirakit diluar, kami bisa mempelajari sainsnya, kalau dari segi bisnis katakanlah seperti laptop ada kerusakan sedikit kami rugi tapi dari sisi pengetahuan kami cari di situ,” tutur Sunaryana. (HK5)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories