HK News

Foto

Wa Bupati Hendrik Sampaikan Tanggapan Pemda Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD

TANA TIDUNG – Wakil Bupati Tana Tidung Hendrik saat menyampaikan tanggapan Pemerintah atas pemandangan umum dari Fraksi-fraksi mengatakan semua pandangan, penilaian dan dukungan yang telah disampaikan oleh seluruh fraksi merupakan masukkan yang sangat berharga untuk penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tana Tidung (KTT) tahun anggaran 2022. 

Terkait pertanyaan dari beberapa Fraksi di DPRD KTT yang mempertanyakan penyebab terjadinya penurunan APBD KTT di tahun 2022, ungkap Wabup disebabkan dampak dari pandemi covid-19 yang mempengaruhi transfer kedaerah dan dana desa mengalami penurunan, namun jelas Wabup penurunan pendapatan tidak hanya terjadi di pemerintahan KTT saja, namun terjadi hampir diseluruh Daerah di Indonesia. 

Pemda kata Wabup sangat berterimakasih atas saran dan kritik membangun yang telah disampaikan. pemerintah daerah telah berupaya untuk memberikan jaminan kesehatan untuk rakyat miskin dengan memberikan bebas iuran BPJS dan bantuan sosial berupa bantuan berobat dan bantuan transportasi.

“Untuk masyarakat kurang mampu bisa mengajukan bantuan sosial ke bagian ekonomi dan kesra Sekretariat Daerah. sedangkan untuk infrastruktur, pemerintah semaksimal mungkin berupaya untuk pemerataan pembangunan infrastruktrur hingga pedesaan sesuai dengan tujuan dan manfaatnya karena sangat disayangkan jika membangun fasilitas hanya sekedar membangun tapi tidak digunakan karena tidak sesuai dengan manfaatnya” kata Wabup Hendrik Saat menyampaikan tanggapan Pemda di Sidang Paripurna DPRD KTT Jumat, 5 Oktober 2021.

Sedangkan untuk informasi publik kata Wabup Pemerintah Daerah akan mengimplementasikan KTT digital unggulan yang meliputi digitalisasi birokrasi dan pelayanan publi khususnya wilayah-wilayah yang minim sinyal internet sebagai pembuka jalur akses informasi. 

Untuk pelayanan pendidikan lanjut Wabup, melalui Dinas Pendidikan Pemerintah berupaya untuk selalu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di KTT. Seperti yang di lakukan Pemda beberapa waktu yang lalu, yang telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia, yang mana diharapkan dengan terjalinnya kerjasama ini harap Wabup dapat membantu putra-putri daerah yang telah menyelesaikan wajib belajar 12 tahun dapat berkompetisi untuk melanjutkan pendidikannya di Politeknik Transportasi Darat Indonesia dan untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan sdm bidang perhubungan darat di wilayah KTT.

Serta terkait penyampaian dari Fraksi PAN yang menyampaikan bahwa pemerintah daerah dapat melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah desa yang yang juga merupakan lembaga pemerintah yang bertugas mengelola wilayah tingkat desa, Jelas Wabup Pemda telah melakukan pengawasan dengan melaksanakan pendampingan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan pembangunan desa dan kawasan perdesaan melalui dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat desa dengan melakukan pembinaan peningkatan kapasitas kepala desa dan pernagkat desa, badan permusyawaratan desa dan lembaga kemasyarakatan, serta melakukan pembinaan manajemen pemerintahan desa, melakukan pembinaan upaya percepatan pembangunan desa melalui bantuan keuangan, bantuan pendampingan dan bantuan teknis sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Saat ini semua pagu yang ditentukan kepada perangkat Daerah mengalami penurunan, dan saat ini tim anggaran sedang melakukan asistensi untuk menelaah lebih rinci terhadap program dan kegiatan, dan mengurangi belanja yang tidak efisien, seperti belanja perjalanan dinas, belanja barang, belanja jasa dan belanja pemeliharaan, belanja modal, belanja bimtek dan sosialisasi” Jelas Wabup

Untuk pembahasan lebih lanjut kata Wabup antara tim banggar eksekutif dan legislatif akan segera dilaksanakan pekan depan setelah tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) selesai melaksanakan asistensi anggaran dan penginputan anggaran pada aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).(*)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories