HK News

Foto

SMKN 3 Tarakan Targetkan Siswa-Siswi Jadi Wirausaha Muda

HARIANKALTARA.COM - Technopark Bahari yang diadakan SMK Negeri 3 Tarakan, mengenalkan produk olahan baru dan menargetkan siswa-siswinya menjadi pekerja yang bisa diandalkan di industri setelah lulus dari sekolah, di halaman SMKN 3 Tarakan, Sabtu (1/12).

Berbagai produk olahan yang dihasilkan siswa - siswi SMK Negeri 3 Tarakan dipamerkan pada acara tersebut. Sebagian besar produk yang dipamerkan merupakan olahan hasil laut. Salah satunya rumput laut yang diolah menjadi berbagai produk makanan.

Diterangkan Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Tarakan, Zulkifli Spd, Mpd, program tersebut baru berjalan tahun ini. Meski baru, namun siswa-siswi telah mampu menghasilkan beberapa produk yang bisa diandalkan. Salah satunya mengolah rumput laut menjadi makanan lezat.

"Hal ini sangat berguna untuk siswa - siswi untuk mengembangkan kreativitasnya, serta memunculkan inovasi-inovasi terbaru. Tentunya ini (Technopark) sangat berguna untuk seluruh siswa dan siswi," tuturnya.

Lanjut dia, selain memberikan pendidikan kepada siswa-siswi, program ini nantinya untuk bekal para pelajar menjadi wirausaha muda. Sebab, guru SMKN 3 telah memberikan pelatihan-pelatihan kepada pelajar menjadi wirausaha muda di bidangnya masing-masing.

Produk olahan yang dihasilkan pelajar tersebut nantinya dipasrkan ke berbagai daerah. Tidak hanya Tarakan, SMKN 3 Tarakan menargetkan pemasaran produk bisa menjangkau daerah- daerah lain di Kaltim dan Kaltara.

"Kita sudah ada kesepakatan dengan Balikpapan, Tanjung Selor, Malinau, dan daerah lain yang kita sudah pernah kenalkan produk unggulan kita," jelasnya.

Beberapa produk yang telah dipromosikan tersebut yakni, abon, bakso rumput laut, permen rumput laut, bronis, dan dodol rumput laut.

Mengenai kualitas prodak, ia menjamin seluruh produk dengan kualitas terbaik. Ke depannya, SMKN 3 akan melakukan sertifikasi untuk seluruh produk olahan mereka.

"Kita sudah urus semua, seperti lebel halal dan izin BPOM juga sudah," singkatnya. (HK)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories