HK News

Foto

Pesawat Lion JT-673 Rute Balikpapan-Jakarta Mendarat Darurat di Palangkaraya

PALANGKARAYA - Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan klarifikasi terkait informasi yang beredar di medsos tentang pesawat Lion JT-673 penerbangan rute Balikpapan-Jakarta mendarat darurat di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (7/10).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menerangkan, pelaksanaan operasional sesuai standar dan prosedur (SOP). Lion Air telah mempersiapkan penerbangan JT-673 secara tepat, pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LHY sebelum diberangkatkan sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan serta dinyatakan laik dan aman untuk terbang (airworthy for flight).

Lion Air penerbangan JT-673 pada (07/ 10) lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan tepat waktu (on time) dengan jadwal keberangkatan pukul 08.45 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08). Dalam penerbangan ini, Lion Air membawa tujuh kru beserta 123 penumpang.

"Setelah mengudara, pilot memutuskan untuk pengalihan pendaratan (divert) di Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah (PKY) dikarenakan gangguan teknis ada komponen pesawat yang membutuhkan pemeriksaan kembali di darat. Tindakan ini sudah sesuai prosedur operasional, guna
memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan," ungkapnya melalui siaran pers.

Atas koordinasi dan kerjasama yang baik antara pilot, petugas di darat dan pengatur lalu lintas udara, pesawat mendarat dengan selamat pukul 09.34 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+07).

"Setelah pesawat udara parkir pada tempatnya dan pada posisi sempurna, seluruh penumpang diarahkan ke ruang tunggu terminal, guna mendapatkan pelayanan serta informasi lebih lanjut," jelasnya.

Lion Air telah menyampaikan keterangan dan permohonan maaf kepada para penumpang atas ketidaknyaman yang timbul, terganggu perjalanannya serta memberikan kompensasi keterlambatan penerbangan sesuai ketentuan.

Penumpang Lion Air penerbangan JT-673 rencana akan diberangkatkan dari Bandar Udara Tjilik Riwut hari ini pukul 14.15 WIB menggunakan penerbangan JT-867 tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
Lion Air juga memfasilitasi permintaan penumpang seperti perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) dan pengembalian dana (refund) sesuai ketentuan.

"Proses pengerjaan pengecekan pada pesawat udara Boeing 737-900ER registrasi PK-LHY memerlukan waktu signifikan serta komponen yang harus didatangkan dari Jakarta. Lion Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Lion Air lainnya tidak terganggu," tutupnya.(*)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories