HK News

Foto

Kelapa Pandan Wangi dari Perbatasan Jadi Idola Nusantara

hariankaltara.com, NUNUKAN - Pernah lihat pohon kelapa  yang buahnya bisa di petik tanpa perlu memanjat? Kelapa Pandan Wangi contohnya. Pertambahan tinggi varietas kelapa ini sangat lambat,
Namun usia berbuah kelapa pandan wangi sangat cepat antara 3 sampai 3,5 tahun, lebih pendek dari kelapa biasa yang mencapai 6 sampai 7 tahun.

Selain cepat berbuah, kelapa pandan wangi memiliki rasa yang lebih manis, ditambah aroma wangi pandan yang semakin menggugah selera.

Kelapa Pandan wangi merupakan salah satu kelapa eksotik dengan karakter spesifik aroma wangi pandan pada sabut, air dan daging buahnya serta citra rasa pandan dan manis pada air dan daging buah.

Hal tersebut menjadikan kelapa pandan wangi perbatasan banyak menarik minat bukan hanya untuk konsumsi tetapi menarik minat para peneliti sebagai objek risetnya.

Pejabat Karantina Tarakan Wilker Nunukan memastikan bibit kelapa pandan wangi sebanyak 166 batang bebas dari OPT/OPTK dengan  melakukan pemeriksaan terhadap kelapa pandan wangi yang berumur 12 bulan di persemaian, Jumat, 24 Juli 2020.

"Setelah dinyatakan bebas dari OPT/OPTK selanjutnya diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan dan kelapa pandan siap berlayar ke Balikpapan," jelas Kepala Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Tarakan, drh. Akhmad Alfaraby. 

Menurut data IQFAST, pada periode bulan Januari sampai Juli 2020, Karantina Tarakan Wilker Nunukan melakukan sertifikasi bibit kelapa pandan wangi sebanyak 16 sertifikat dengan total 399 pohon dengan tujuan hampir seluruh Indonesia.(hk3) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories