HK News

Foto

Rusak Bertahun, Jalan Lingkar Mamburungan Akhirnya Dibenahi

TARAKAN - Setelah mengalami kerusakan hampir 3 tahun lamanya, kini jalan lingkar yang menjadi penghubung antara Kelurahan Mamburungan dan Mamburungan Timur yang terletak di RT 01 mulai diperbaiki.

Saat dipantau, pengerjaan jalan tersebut 

Sudah dilakukan pemancangan untuk menahan pergerakan tanah dalam mencegah longsor.

Saat dikonfirmasi, Walikota Tarakan dr Khairul M.Kes menerangkan, dibutuhkan waktu cukup panjang untuk bisa mengembalikan kondisi jalan seperti sedia kala. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan bersabar untuk sementara waktu.

“Sebenarnya dari tahun 2020 sudah kita anggarkan. Cuma di lokasi ini terkendala tiang listrik. Tiang pancang tingginya 9 meter dan di sekitar lokasi ada tiang listrik, jalan ini tidak bisa dilapis-lapis tetapi harus dipancang, karena tanahnya rawan longsor," ujarnya (24/09).

Lanjutnya, untuk memindahkan tiang listrik dibutuhkan koordinasi kepada PLN Tarakan.

Walau begitu, kini pengerjaan tersebut sudah melewati tahap tersebut.

“Anggarannya sejak tahun lalu, sudah kita siapkan multiyears, sudah ada pemenang tendernya tetapi kemarin tidak bisa kerja karena masalah tiang listrik,"tuturnya.

Ia menambahkan, pemancangan lahan di Jalan RT 01 Mamburungan juga menyesuaikan pergerakan lahan.

Jika sudah tidak bergerak, akan dilakukan pengerasan jalan atau agregat, dan tahap terakhir baru dilakukan pengaspalan.

“Kontur tanahnya labil, makanya harus kita pelajari untuk dicarikan solusinya. Setelah kita pancang tidak langsung diaspal, tetapi ditimbun dulu dan dipantau selama beberapa waktu apakah masih bergerak atau tidak tanahnya. Kalau sudah tidak bergerak baru mulai digregat kemudian diaspal," jelasnya.(hk)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories