HK News

Foto

Pameran Virtual UMKM Pertamina SMEXPO 2021 Menghadirkan Ribuan Produk UMKM

Samarinda – Pertamina SMEXPO 2021 berlangsung hari ini (12/10). Ajang pameran virtual ini bakal diluncurkan bersama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Kalimantan Timur (GBBI Kaltim). Berbagai persiapan telah dilaksanakan dan masyarakat pun dapat segera ambil bagian pada acara tersebut.

Pjs. SVP Corporate Communication & Investor Relations PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan, masyarakat dan UMKM umum dapat berpartisipasi pada acara Pertamina SMEXPO 2021 setelah melakukan registrasi pada situs https://smexpo.pertamina.com. “Registrasinya cukup cepat. Tidak sampai lima menit, masyarakat sudah bisa login dan bebas berbelanja,” katanya.

Terdapat dua pilihan registrasi. Yakni sebagai penjual (UMKM) dan sebagai pembeli. Untuk daftar sebagai penjual, UMKM perlu memasukkan informasi terkait usahanya. Mulai dari nama pemilik dan usaha, alamat usaha, nomor ponsel, akun media sosial, jumlah tenaga kerja, omzet, sekilas tentang UMKM dan unggah foto produk. Kemudian membuat kata sandi untuk keamanan akun.

Sedangkan registrasi untuk pembeli lebih sederhana. Tinggal mengisi nama, alamat email, nomor ponsel, dan kata sandi untuk keamanan akun. Kemudian centang pernyataan persetujuan dan terakhir klik “Registrasi Pembeli”. “Akan ada verifikasi ke email yang didaftarkan. Setelah diverifikasi, masyarakat bisa langsung login,” imbuh Fajriyah.

Usai login, masyarakat bisa langsung bertransaksi di booth virtual UMKM peserta PERTAMINA SMEXPO 2021 dan dapat dipilih masyarakat secara bebas. Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli akan diminta mengisi alamat pengiriman dan jenis ekspedisi yang tersedia. “Selesaikan pembayaran dan tunggu barang sampai di rumah,” tuturnya.

Selain itu, pengunjung dapat langsung melakukan pembelian besar melalui fitur Produk Grosir. Pada kategori ini, pengunjung dapat melakukan pembelian dengan harga lebih murah, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

“Sembari belanja, tersedia beragam acara menarik tersedia dalam event, meliputi coaching session, business matching, SMEXPO Live Show,. Serta menikmati berbagai acara menarik di Pertamina SMEXPO 2021 yang disemarakan oleh artis-artis Indonesia seperti Kunto Adjie, Endank Soekamti, Novia Bachmid” tutur Fajriyah.

Selain melalui situs smexpo.pertamina.com, masyarakat juga dapat mengikuti keseruan acara melalui kanal Youtube Pertamina, BUMN, dan Gen UMKM. Untuk informasi terbaru, masyarakat dapat mengakses media sosial @pertamina dan @gen_umkm. Sebagai informasi, Pertamina juga mengadakan SMEXPO Show Case 2021 yang dilakukan secara offline tanggal 15 – 17 Oktober 2021 di Mall Kota Kasablanka Jakarta. Jadi jangan sampai ketinggalan.

Pertamina SMEXPO 2021, merupakan wujud konsistensi Pertamina dalam menggalakan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) point 8 yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya.(hk)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories