HK News

Foto

PAN Targetkan Musda VI Dilaksanakan Bulan Ini, 4 Kandidat Calon Ketua DPD Sudah Mendaftar

TARAKAN - Usai melakukan penjaringan kandidat Partai Amanat Nasional (PAN) bersiap melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke VI yang ditargetkan akan dilaksanakan bulan ini.

Saat dikonfirmasi, Ketua Steering Commite (SC) Penjaringan Calon anggota Formatur sekaligus Formatur Ketua DPD Tarakan, Dewantara menerangkan, meski menargetkan pelaksanaan Musda bulan ini, namun pihaknya belum memastikan terkait tanggal pelaksanaan dikarenakan harus menunggu keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN regional Tarakan.

“Kami sudah melakukan penjaringan pada tanggal 21 sampai 24 Desember lalu. Semua berkas sudah diserahkan ke DPP. Itu tinggal pusat yang menentukan pelaksanaannya secara virtual," ungkapnya (7/1).

Ia menjelaskan, adapun syarat yang ingin menjadi anggota formatur, yakni harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berumur 21 (dua puluh satu) tahun atau lebih, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Cakap berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia.

“Syaratnya formal normatif saja seperti dapat dipercaya (amanah). Memiliki integritas dan dedikasi tinggi terhadap partai. Taat aturan dan keputusan partai, tidak pernah melanggar dan menentang AD/ART dan peraturan Partai. Pernah mengikuti jenjang perkaderan formal PAN, atau bagi calon yang belum, wajib untuk mengikuti selambat-lambatnya 1 (satu) tahun setelah terpilih,” jelasnya.

Terkait pendidikan, ia menuturkan jika syarat pendidukan minimal, tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Tidak pernah bermasalah pada hukum pidana/penjara dan berdomisili di Kalimantan Utara (Kaltara). Lanjutnya, terkait kader yang daoat menggunakan hak suaranya ialah terdiri dari Pengurus Harian DPD plus ketua-ketua bidang.

"Yang memegang jabatan dalam organisasi termasuk pengurus Perempuan Amanat Nasional (PUAN) dan satu orang anggota Majelis Pertimbangan Partai," bebernya.

Sementara itu, kandidat ketua DPD PAN Tarakan Khaeruddin Arief Hidayat menerangkan sejauh ini terdapat 4 pendaftar dalam penjaringan yang siap bersaing. Keempat kandidat tersebut ialah Afandi Kamaruddin, Suhardjo dan Dewantara.

"Jadi hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran sampai jam jam 6 sore nanti, sejauh ini masih 4 calon yang mendaftar. Salah satunya saya sendiri. Selain itu 3 pendaftar lainnya ialah Afandi Kamaruddin, Dewantara, dan keempat Suhardjo," tuturnya.

"Setelah pendaftaran ini semua file kita kirim ke pusat, kemudian DPP yang akan menentukan waktu pelaksanaannya. Artinya, saya mengikuti mekanisme saja, semua kandidat memilki potensi untuk menjadi ketua, sehingga kita berpikir bahwa proses ini merupakab pembelajaran bahwasanya, siapa pun yang terpilih, tentunya dia merupakan sosok yang dinilai paling layak," sambungnya.

Lanjutnya, sejauh ini dirinya cukup optimis dapat terpilih menjadi ketua yang baru. Meski demikian, menurutnya, siapa pun yang terpilih tentunya akan membawa PAN lebih baik dari sebelumnya.

"Jadi saya optimis dan tetap juga berharap PAN akan menjadi partai pemenang yang akan datang. Artinya belajar dari kemarin, adapun program yang dirasa perlu dievaluasi, maka di setelah Musda dapat dibenahi oleh ketua terpilih," tuturnya.

"Inti dari semua itu kan bagaimana membuat PAN ke arah lebih baik ke depannya. Termasuk membawa PAN menjadi partai pemenang dalam Pilkada 2024. Terkait 3 kader yang keluar, sejauh ini kami tetap menjalin komunikasi dengan ketiga tokoh itu. Kita lihat saja kedepannya seperti apa,"lanjutnya.

Sementara itu, Kandidat yang telah mendaftar lainnya, yakni Afandi Kamaruddin mengaku siap merebut kemenangan dan membawa PAN menjadi partai pemenang di pilkada selanjutnya. Ia menjelaskan, sejauh ini niatam dirinya untuk maju, juga didasari atas dorongan rekan dan senior di Partai yang menginginkannya untuk maju. Sehingga atas dorongan tersebut, pihaknya optimis mampu memperoleh suara terbanyak.

"Insyaallah kalau teman-teman menginginkan untuk menjadi Ketua DPD saya siap dalam rangka membawa PAN kembali merebut kemenangan di Kota Tarakan,” tuturnya.

Kita tahu di pemilu yang lalu perolehan kursi PAN turun drastis, namanya konstalasi politik akhirnya kita hanya bisa mendudukkan satu kader kita di legislatif. Makanya target saya maju sebagai calon ketua DPD PAN, ingin mengembalikan kejayaan PAN pada pileg 2024 dengan mendudukkan kader PAN diundur pimpinan,” pungkasnya.(*) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories