HK News

Foto

KPwBI Kaltara Menandatangani MoU Pengembangan Ekonomi Dengan Pemkot Tarakan

TARAKAN - Dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan daya saing daerah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Utara dan pemerintah Kota Tarakan yang diwakili oleh masing-masing pimpinan yaitu Yufrizal dan dr. Khairul M.Kes, telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Pengembangan Ekonomi Kota Tarakan pada tanggal 14 Oktober 2020.

Penandatanganan MoU tersebut bertempat di Kantor Walikota Tarakan, Kalimantan Utara dan disaksikan oleh Pemerintah Kota Tarakan, perbankan, dan Askrindo. Yufrizal memaparkan bahwa pengembangan ekonomi/UMKM ini ibarat filosofi lima jari.

“Saat kelima jari tangan kita bekerja dengan baik tentunya mempunyai kekuatan yang luar biasa. Jari jempol diibaratkan sebagai lembaga keuangan, jari telunjuk sebagai regulator, jari tengah sebagai Katalisator, jari manis sebagai fasilitator dan jari kelingking sebagai pelaku usaha,” ujar Yufrizal.  

Yufrizal menambahkan “Kehadiran kelima komponen tersebut menjadi langkah awal komitmen dan sinergi bersama dalam mendorong ekonomi kota Tarakan ke depan”.

Poin-poin ruang lingkup kerja sama pengembangan ekonomi pada kesepakatan tersebut diantaranya berupa penelitian, pelatihan, sosialisasi, fasilitasi, dan pengembangan sentra dan/atau klaster.

Selain itu, untuk memperkuat analisis dan kajian ekonomi, pertukaran data informasi dalam rangka pengembangan ekonomi yang meliputi ketahanan pangan (pertanian dan perikanan), komoditas unggulan, komoditas ekspor, substitusi impor, pemberdayaan perempuan, pengembangan wirausaha, pariwisata, pengembangan ekonomi lokal, ekonomi dan keuangan digital juga menjadai salah poin kerjasama. MoU ini akan berlaku selama 5 (lima) tahun ke depan.

Pada tahap awal kerjasama akan dilakukan capacity building pola penanaman dan peningkatan produksi beberapa komoditas penyumbang inflasi di Kaltara seperti beras dan bawang merah. Selain itu juga akan dilakukan proyek percontohan bawang merah dan teknik budidaya udang windu untuk meningkatkan produktifitas udang windu.

“Kerjasama ini diharapkan juga akan dapat menguatkan koordinasi dan sinergi antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara dengan Pemerintah Kota Tarakan yang selama ini telah terjalin dengan baik” ucap Walikota Tarakan, dr. Khairul M.Kes, saat mengakhiri sambutannya.(*) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories