HK News

Foto

Positif Corona Nambah 6 Kasus Transmisi Lokal di Tarakan, 72 Orang Dirawat

TARAKAN - 6 orang warga Tarakan terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang diumumkan gugus tugas hari ini, Sabtu, (26/9). 

6 kasus baru ini merupakan transmisi lokal. Rinciannya sebanyak 5 orang warga Karang Anyar dan 1 orang lagi warga Kampung Enam. 

"5 kasus di Karang Anyar transmisi lokal dari kasus COVID178 dan 1 lagi warga Kampung Enam transmisi lokal dari kasus COVID169," ungkap Juru Bicara gugus tugas Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes.

Dengan adanya penambahan 6 kasus baru, secara kumulatif kasus Covid-19 di Tarakan menjadi 248 kasus. 

Tidak terdapat pasien sembuh. Jumlah kesembuhan tetap pada angka 176 orang. "72 orang menjalani perawatan dan pemantauan," jelas dr. Devi. 

Diakui dr. Devi, transmisi lokal didapatkan dari yang kontak erat. Kontak erat tertular dari pelaku perjalanan. Menurutnya, disini pentingnya menjalankan protokol kesehatan. 

Artinya, siapapun yang datang dari luar daerah, wajib isolasi mandiri atau swab. Termasuk keluarga yang berada di rumah gunakan masker untuk menghindari kontak erat. 

"Transmisi lokal itu dekat dengan kontak erat, dia kontak dengan orang tersebut, apalagi tidak pakai masker bisa tertular. Biasanya transmisi lokal selama ini adalah keluarga terdekat, karena merasa keluarganya tidak pakai masker, padahal dia baru pulang dari luar daerah," terangnya. 

Bahkan, untuk kasus COVID178 telah menularkan 9 orang di sekitarnya melalui kontak erat sehingga terjadi transmisi lokal. "Ada kasus menularkan 9 orang," tandasnya.(HK


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories