HK News

Foto

Siaga di Patok Perbatasan, Karantina Pertanian Patroli dengan Pamtas Yonif 623-BWU

SEBATIK - Upaya menekan lalulintas produk pertanian ilegal terus dilakukan oleh pejabat karantina. Setelah mengadakan operasi patuh Karantina di hari natal, kemudian pengawasan bersama secara berkala di Pelabuhan Sebatik bersama petugas kepolisian, (27/12). 

Kini Menjelang tutup tahun pejabat karantina pertanian Tarakan Wilayah Kerja Sebatik kembali melakukan patroli di patok perbatasan Indonesia-Malaysia yang terletak di Dermaga Aji Kuning, Sebatik Tengah.

Secara terpisah, Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby mengapresiasi kerja sama antar instansi yang terus terjalin dengan baik dan berkesinambungan.

"Ini merupakan implementasi dari perjanjian Kerjasama Badan Karantina Pertanian dengan TNI AD maupun POLRI di Unit Pelaksana Teknis daerah. Saya harap sinergitas yang baik bisa terus berjalan dengan tujuan menjaga NKRI", tambahnya.

Hari Minggu merupakan hari libur bagi kebanyakan pegawai kantoran. Tapi bagi kami, pejabat karantina hari Minggu merupakan hari padat, karena kemungkinan meningkatnya potensi penyelundupan produk pertanian ilegal di wilayah perbatasan. Hal ini dikarenakan banyaknya aktivitas warga kedua negara keluar dan masuk melalui Dermaga Aji Kuning ini. 

Hadir di perbatasan menjadi tantangan untuk terus bahu-membahu bersinergi dengan instansi terkait dalam menjalankan peran sebagai garda terdepan perlindungan negara dari ancaman masuk dan tersebarnya Hama Penyakit Hewan dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina.(*) 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories