HK News

Foto

PHRI Canangkan ‘Kami Siap’ Untuk Aktifkan Kembali Pariwisata Nasional

hariankaltara.com, JAKARTA - Sejak merebaknya pandemic Covid-19 di Indonesia pada awal Maret 2020, Pariwisata Indonesia praktis mengalami penurunan kinerja yang signifikan, baik dari kedatangan wisman, tingkat hunian kamar hotel, anjloknya jumlah penumpang moda transportasi, serta sektor-sektor yang terkait dengan pariwisata.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mensinyalir lebih dari 1.600an hotel dan hampir 300 restoran tutup sepanjang penerapan PSBB diberagam wilayah provinsi maupun kota di Indonesia, dan hal ini memberi dampak kerugian di sektor pariwisata hingga 21 trilyun rupiah. 

Selain di sektor pariwisata, Covid-19 juga menyebabkan perlambatan ekonomi karena kekuatiran masyarakat untuk beraktifitas. Namun demikian PHRI selaku organisasi Pariwisata Indonesia yang dipandang sebagai lokomotif industry pariwisata Nasional sekaligus organisasi yang paling awal berdiri tidak tinggal diam.

PHRI menggelar Simulasi Protokol Kesehatan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu 8 Juli 2020. Simulasi Protokol Kesehatan ini dihadiri oleh Wishnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ahmad RIza Patria selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta, Hariyadi BS. Sukamdani selaku Ketua Umum PHRI, serta jajaran dari Kementerian Kesehatan, dan Gugus Tugas Nasional Penanggulangan Covid-19.

Simulasi Protokol Kesehatan ini terlaksana berkat kerjasama Kemenparekraf dengan PHRI sebagai momentum untuk kembali menghidupkan pariwisata nasional dengan mematuhi protokol-protokol kesehatan yang telah disusun oleh Kementerian terkait dan asosiasi industry.

Menparekraf Wishnutama memberikan apresiasi kepada PHRI karena telah berhasil mendorong sektor perhotelan dan restoran di Indonesia untuk menerapkan protocol kesehatan yang sesuai dengan yang diatur Pemerintah. Dengan kegiatan ini Menparekraf berharap dapat dilanjutkan oleh sektor usaha lain di industry pariwisata nasional agar dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat sehingga usaha pariwisata dapat berangsur pulih.

“Kami ingin meyakinkan kepada publik serta pemerintah pusat dan daerah, untuk jangan ragu-ragu untuk kembali beraktifitas bisnis ataupun liburan di hotel, banquet, ataupun restoran, karena dengan kembali mengaktifkan kembali kegiatan seperti ini dapat kembali memulihkan ekonomi nasional yang saat ini mengalami perlambatan” ungkap Hariyadi selaku Ketua Umum PHRI.

Dengan bertajuk “KAMI SIAP”, PHRI ingin meyakinkan kepada masyarakat umum, korporasi, Pemerintah, serta stakeholder bahwa sektor Hotel dan Restoran telah siap kembali menerima tamu baik untuk akomodasi, serta kegiatan rapat dan acara-acara di hotel dan restoran.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif beserta jajarannya atas dukungan pada acara simulasi secara nasional ini, dan juga kami meminta dukungan dari Kepala Daerah berikut jajarannya di Dinas Pariwisata agar mendukung upaya industry untuk memulihkan pariwisata secara bertahap, terukur, dan pasti,” tutup Maulana Yusran selaku Sekjen PHRI.(hk1)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories