HK News

Foto

BPBD Kaltara Sinergi Dengan BPBD KTT Gelar Penyemprotan Desinfektan dan Bagikan Masker

TANA TIDUNG - Dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kalimantan Utara (Kaltara), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltara bekerjasama dengan tim Satuan tugas (Satgas) Kabupaten Tana Tidung (KTT), yang terdiri dari BPBD, TNI, Polri dan Diskominfo melakukan Pembagian masker dan penyemprotan desinfektan. Kamis, 16 September 2021

Kegiatan diawali dengan apel yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Tana Tidung, yang pada kesempatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tana Tidung Hendrik dan dihadiri Dandim 0914/TNT Letkol Czi Tri Priyo Utomo, Kapolsek Sesayap, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Prov Kaltara Jonfran Labo, dan Kalak BPBD KTT Darwis.

Kalak BPBD Provinsi Kaltara Jonfran Labo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kegiatan dari BPBD Provinsi Kaltara sebagai upaya dalam pencegahan penyebaran covid-19 di Kaltara, dengan memberikan masker, penyemprotan desinfektan serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dimasa pandemi covid-19.

"Jadi kegiatan ini kami laksanakan sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran covid-19, dan kegiatan ini juga telah kami laporkan kepada Asisten 1, Sekda Kaltara, termasuk Pak Gubernur Kaltara, dan Pak Gubernur juga menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, dan kami juga disarankan untuk bekerjasama dengan BPBD Kabupaten serta TNI dan Polri" jelas Jonfran Labo

Kegiatan yang dilaksanakan di KTT, kata dia merupakan kegiatan perdana yang dilakukan di Kabupaten Kota di Kaltara dengan membagikan masker sebanyak 2.000 masker, dan untuk kegiatan berikutnya ungkap dia akan dilaksanakan di Kabupaten Malinau.

Sementara itu, Kalak BPBD KTT Darwin menambahkan bahwa titik pelaksanaan kegiatan ini akan berfokus di fasilitas umum di KTT, diantaranya Pelabuhan, Pasar, Taman serta tempat Ibadah yang ada di KTT dan fasilitas umum lainnya.

"Kegiatan ini adalah salah satu cara kita untuk menangani pandemi ini, sebenarnya banyak cara untuk menangani pandemi, intinya penanganan pandemi ini tidak bisa hanya ditangani Satgas sendiri, namun semua pihak harus berkaloborasi untuk menangani pandemi ini, termasuk masyarakat" kata Darwis.

Untuk itu dia berharap kepada masyarakat Kaltara kususnya masyarakat KTT, untuk bersama-sama memerangi pandemi ini dengan terus menerapkan Prokes, agar pandemi covid-19 dapat segera berakhir, dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa lagi, tanpa ada batasan saat berpergian.

"Saat ini di KTT masih belum turun level kita, secara Nasional level kita masih dilevel 3, dan Alhamdulillah di Bulungan sudah turun levelnya jadi level 3, semoga saja segala upaya yang kita lakukan selama ini dapat membuahkan hasil yang terbaik, sehingga tidak adalagi masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19, karna itu harapan besar kita saat ini" Harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tana Tidung saat arahannya menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tim Satgas penanganan covid 19 baik di tingkat provinsi maupun kabupaten yang telah berupaya serius dan bekerja keras dalam menanggulangi penyebaran covid-19.

"Saya berharap kita bersama-sama membangun komunikasi dan koordinasi yang baik untuk dapat menanggulangi pandemi dan mengatasi dampak yang ditimbulkan dari pandemi covid 19 ini" Harap Wabup

Penyebaran virus covid-19 yang belum kunjung reda hingga saat ini kata Wagub tentunya sangat membatasi aktifitas kita sehari-hari dan juga seperti yang kita ketahui bersama dalam beberapa kurun waktu terakhir ini kata Wabup terjadi peningkatan kasus covid-19 di hampir seluruh wilayah provinsi Kaltara sehingga terjadi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada level 3 dan 4 di wilayah provinsi Kaltara.

Dalam mengatasi lonjakan kasus covid-19 kata Wabup tentunya terdapat beberapa hal yang sangat penting dan perlu kita perhatikan serta terapkan bersama, pertama untuk tidak kehilangan kendali atas manajemen yang ada dalam penanganan covid 19 baik di tingkat pusat maupun daerah, kedua kunci dari pengendalian covid-19 ini adalah kedisiplinan kita dalam pemakaian masker menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan menjaga kebersihan, dan yang ketiga kata Wabup yaitu Vaksinasi.

Saat ini Lanjut Wabup Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah saling bersinergi untuk mempercepat pemulihan kesehatan, membangkitkan produktivitas dan mengakhiri pandemi. Pemerintah juga melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi covid-19 untuk mempercepat pengendalian pandemi dan terbangunnya kekebalan kelompok.

"Mari kita tetap patuhi dan terapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun karena diri kita adalah Garda terdepan dalam upaya penanganan penyebaran covid-19, tetap kenakan masker, mencuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan" Tutup Wabup. (*)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories