HK News

Foto

COVID-19 Masih Mewabah, Peminat UTBK 2020 di UBT Menurun Drastis

TARAKAN - Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si menyebutkan tahun ini peminat Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Universitas Borneo menurun 50 persen.

Target UBT bisa menerima 4500 mahasiswa. Namun, pada faktanya hanya 2.058 yang berminat mengikuti UTBK tahun 2020 yang akan digelar Juli mendatang.

"UTBK sebelumnya minat peserta mencapai 4.000 lebih, prediksi kami tahun ini 4.500 orang di Kaltara karena UTBK hanya ada di UBT. Mereka bisa pilih perguruan tinggi di luar Kaltara (UTBK di UBT). Hari ini ternyata UTBK menurun menjadi 2.058 peserta," ujar Prof. Adri.

Penurunan ini disinyalir karena wabah pandemi Covid-19 yang belum hilang dari Kaltara dan Indonesia. Tak hanya itu, faktor lainnya karena masih ada wilayah yang tergolong tidak ada akses internet (blank spot) atau wilayah terpencil (remote area) sehingga tidak dapat mengakses dan memperbarui perkembangan informasi. 

Menurut Prof. Adri, peminat UTBK tidak hanya warga Kaltara melainkan dari luar Kaltara ada bahkan dari mancanegara ada yang mendaftar menjadi peserta. 

Tentunya menurut dia, pelaksanaan UTBK ini tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 untuk mencegah peserta terpapar. 

"43 orang luar Kaltara mengikuti UTBK di UBT termasuk dari Kalimantan Timurm Tahun ini ada 1 mahasiswa dari Malaysia," imbuhnya.

Ada kemudahan bagi peserta yang tidak dapat hadir tes UTBK di lokasi penyelenggaraan misalnya di UBT. 

"Kalau mereka tidak bisa datang ke sini mereka bisa ikuti UTBK di pusat lain, provinsi lain, mungkin karena ada hambatan seperti mau swab mahal, soal kesehatan, dan lainnya," ucap Prof. Adri. 

Tes UTBK tahap pertama akan berlangsung pada tanggal 5-14 Juli 2020 dan tahap kedua pada tanggal 20-29 Juli 2020. Pengumuman SBMPTN akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Penulis: hk9-red


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories