HK News

Foto

Launching Beasiswa Kaltara Unggul, Pemprov Kucurkan Rp 15 Miliar

TARAKAN – Program Beasiswa Kaltara Unggul resmi dilaunching, pada Senin (20/9/2021) petang kemarin.

Peluncuran dana bantuan pendidikan sebesar Rp15 miliar dari Pemprov Kaltara melalui Gubernur Drs H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum, diberikan kepada 6.273 penerima beasiswa yang dilangsungkan di Gedung Rektorat Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Kegiatan ini juga sekaligus dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara dengan UBT dan Bankaltimtara. Serta pembayaran sewa rumah dinas melalui layanan E-Channel Bankaltimtara.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan, mewujudkan Kaltara Berubah, Maju dan Sejahtera, Pemprov memiliki komitmen yang tinggi dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal demikian tak terlepas untuk mewujudkan pembangunan SDM yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif, berakhlak mulia, produktif serta berdaya saing dengan berbasiskan pendidikan wajib belajar dan berwawasan kebangsaan.

“Sebelum beasiswa ini diberikan, saya minta datanya harus diverifikasi dulu. Jangan sampai yang betul-betul kita berikan beasiswa, malah mereka tidak mendapatkan. Jadi saya minta data harus valid, harus benar,” ungkap Gubernur.

Ketua Panitia Pelaksana Beasiswa Kaltara Unggul, Datu Iqro Ramadhan menerangkan program Beasiswa Kaltara Unggul mengacu pada Undang-Undang (UU) dan Peraturan Pemerintah yang berlaku.

Di antaranya UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Peraturan Gubernur Kaltara nomor 35 tahun 2021 tentang Pemberian Beasiswa Kaltara Unggul.

“Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sekaligus meningkatkan sumber daya manusia yang mumpuni dan unggul di Provinsi Kalimantan Utara,” tegas Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltara ini.

Ia menyebutkan Beasiswa Kaltara Ungggul bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Kaltara tahun 2021 pada DPA Biro Kesejahteraan Rakyat.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Teguh Hendri Susanto menambahkan, Beasiswa Kaltara Unggul yang diberikan kepada 6.273 orang menyasar pada siswa SD, SMP, SMA, SMK, mahasiswa dan mahasiswa pascasarjana.

“Dalam program ini penyaluran beasiswa tersbeut tak lagi melalui Dewan Pendidikan seperti sebelumnya, melainkan langsung ditangani oleh oragnisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Untuk SD sampai SMA dan SMK dikelola oleh Disdikbud, sedangkan keagamaan dan perguruan tinggi dikelola oleh Biro Kesra Pemerintah Provinsi Kaltara,” jelasnya.

Pemprov memastikan Beasiswa Kaltara Unggul dapat tersalurkan dan membantu generasi muda Kaltara yang sedang menempuh pendidikan hingga selesai.

Dalam kesempatan itu, Rektor UBT Prof. Dr. Adri Patton, M.Si menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Kaltara yang telah me-launching program Beasiswa Kaltara Unggul tersebut.

“Beasiswa Kaltara Unggul ini sesuai visi Mendikbudristek mas Nadiem Makarim, yaitu bagaimana menciptakan SDM yang unggul. Bahkan beliau pernah menitipkan pesan ke saya, bahwa jangan sampai ada anak miskin yang tidak bisa menyelesaikan perkuliahan,” ujarnya.

Menurut Rektor, Beasiswa Kaltara Unggul sebagai bentuk komitmen dan perhatian Gubernur Drs H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum dan Wakil Gubernur Dr Yansen TP, M.Si terhadap pengembangan SDM Kaltara.

Untuk diketahui, selain dihadiri sejumlah OPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltara, acara ini juga disaksikan Ketua DPRD Kaltara, Wali Kota Tarakan, serta Direktur Utama Bankaltimtara dan jajaran Forkopimda Provinsi Kaltara. (adpim)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories