HK News

Foto

Kasus Suspek Dipantau Gugus Tugas 385 Orang

hariankaltara.com, TARAKAN - Kasus suspek sedang dipantau gugus tugas sebanyak 385 orang di Tarakan. 

Kasus suspek yang dimaksud adalah orang dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan 14 hari terakhir sebelum timbul gelaja memiliki riwayat perjalanan dari wilayah transmisi lokal COVID-19.

Juga memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probable COVID-19.

"Orang dengan ISPA berat atau pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain secara gambaran klinis," jelas Jubir Gugus Tugas COVID-19 Tarakan dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes.

Istilah suspek ini sebelumnya dikenal dengan sebutan ODP. Sedangkan jumlah seluruh kontak erat atau sebelumnya dikenal OTG, saat ini dipantau sebanyak 183 orang. 

"Kontak erat adalah kontak pernah tatap muka/berdekatan kasus probable/konfirmasi positif COVID-19 dalam radius 1 meter," ujarnya. 

"Sentuhan fisik langsung dengan kasus konfirmasi atau probable, kemudian orang yang memberi perawatan langsung terhadap kasus konfirmasi atau probable tanpa mengenakan APD standar," lanjutnya.

Kemudian, situasi lain yang mengindikasikan adanya kontak berdasarkan penilaian resiko lokal. 

"Saat ini tidak ada kasus probable yang dirawat di rumah sakit. Kasus probable adalah kasus suspek dengan ISPA berat/ARDS/meninggal dengan gambaran klinis dan belum ada hasil pemeriksaan laboratorium RT-PCR," urai dr. Devi.

Jumlah kasus kumulatif konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 87 kasus. Telah sembuh 72 orang. 

"Masih dirawat 15 orang pasien positif COVID-19, 9 dirawat di RSKT dan 6 orang di RSUD Tarakan," ucapnya.

Masyarakat diimbau tetap patuhi protokol kesehatan COVID-19, gunakan masker, rajin cuci tangan di air mengalir, jaga jarak/tidak berkumpul, menghindari menyentuh fasilitas umum, lalu menyentuh wajah, mata, hidung, mulut sebelum cuci tangan.(hk3)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories