HK News

Foto

Disperindagkop Kaltara Latih Anggota Koperasi Untuk Pelaporan Keuangan

Tanjung Selor - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), menggelar acara Pelatihan Pembuatan Laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi anggota Koperasi, di Ruang Pertemuan Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kabupaten Bulungan, Selasa (28/9).

Bekerjasama dengan TP-PKK Provinsi Kaltara pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas koperasi serta usaha kecil dan menengah dana alokasi khusus (DAK) non fisik Provinsi Kaltara Tahun 2021.

Kegiatan ini dibuka plt. Kepala Disperindagkop Provinsi Kaltara yang diwakilkan oleh Sekretaris Disperindagkop, Saiful Bahri, dalam sambutannya mengatakan kegiatan pelatihan ini bertujuan menambah pengetahuan dan keterampilan peserta guna memahami tentang perkoperasian dan pelaksanaan rapat anggota tahunan.

“Memberikan pembekalan kepada pengurus koperasi dalam hal penyusunan laporan keuangan,” ungkapnya.

Senada dengan Saiful, narasumber pelatihan, Ikhsan Kurniawan, menyampaikan pentingnya pelatihan ini terhadap pelaku koperasi. Nantinya diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pelaku koperasi terkait RAT.

“Karena RAT adalah kewajiban yang harus dilaksanakan setiap anggota koperasi, melihat setiap tahun pelaksanaan RAT merupakan masalah yang klasik,” jelas Ikhsan.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan bentuk pertanggung jawaban pengurus selama satu tahun buku dan merupakan kewajiban. Ia juga mengharapkan dengan adanya pelatihan ini koperasi mampu dan dapat meningkatkan pelaksanaan RAT di tahun mendatang.

Selain itu, Ikhsan pun mengungkapkan pembinaan ini nantinya diharapkan tidak sampai disini saja. Harus ada tindak lanjut agar nantinya pelatihan ini punya manfaat yang jauh lebih luas.

“Saya berharap tidak hanya berhenti sampai di pelatihan saja yang terbatas waktunya, harapnya nanti ada tindak lanjut pendampingan secara terus-menerus,” harapnya.

Kegiatan pelatihan ini melibatkan peserta 30 orang yang terdiri dari 6 koperasi binaan Provinsi Kaltara yang berada di Kabupaten Bulungan. Selanjutnya kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 28 September hingga 30 September 2021. (el.r/dkispkaltara)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories