HK News

Foto

Olah Durian Menjadi Produk Unggulan Bernilai Jual Tinggi di Kaltara, Sampai Ada Odading yang Viral

TARAKAN - Dinas ketenagakerjaan dan perindustrian Kota Tarakan menggelar pelatihan tenaga kerja mandiri mengolah durian menjadi produk unggulan bernilai jual tinggi pada akhir September 2020 lalu.

Menariknya pelatihan kali ini all about durian. Di Provinsi Kalimantan Utara durian merupakan buah musiman. Pada waktu tertentu durian lokal akan ramai ditemukan di pinggir jalan. Bahkan, penikmat buah yang memiliki bau khas ini cukup banyak di Tarakan.

Adapun materi pelatihan yang disampaikan oleh trainer yang berpengalaman bidang kuliner di Tarakan yakni Eko Pristiawan dari B05 CREATIVE diantaranya roti bakar kaya durian, donat extra soft vla real durian, Odading roti goreng viral, ice cream durian, dan kopi tarik float durian.

Eko Pristiawan mengakui pelatihan mengolah durian menjadi produk unggulan merupakan program yang tepat untuk saat ini. Pandemi Covid-19 telah menyulitkan perekonomian masyarakat Tarakan dan Kalimantan Utara pada umumnya. Walaupun hal itu juga berlaku bagi masyarakat Indonesia secara luas.

"Program ini bagus. Apalagi disaat ekonomi lagi ngedrop. Para pelaku usaha bukan hanya diberikan alat produksi, tapi juga diberikan pendampingan berkelanjutan," jelas pria kelahiran Surabaya, 27 Mei 1974 tersebut.

Menurutnya, dibidang pengembangan wirausaha kuliner kreatif, kenapa mesti memilih tema all about durian karena di bulan Oktober di Kaltara akan panen raya buah durian.

"Seperti yg sudah terjadi setiap panen raya durian, harga anjlok. Jadi kami komunitas UMKM Kuliner ingin mengolahnya menjadi produk olahan dengan nilai jual tinggi," ujar Eko yang kini aktif di Rumah Pelatihan Wira Usaha Kuliner B05 CREATIVE di Bumi Paguntaka, julukan Tarakan.

Eko menilai jika ini dapat diimplementasikan maka sangat menjanjikan karena dapat meningkatkan perekonomian pelaku UMKM di tengah pandemi.

"Sangat menjanjikan. Apalagi kami membuat produk icon kopi float durian, kopi tarik durian dan odading kaya durian yang lagi viral," ungkapnya.

"Saya sangat appreciate dengan ide kreatif dan kejelian melihat peluang dari Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kota Tarakan yang bekerja sama dengan B05cafe," jelas salah satu peserta pelatihan.(*)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories