HK News

Foto

BI Kaltara: Implementasi Digitalisasi Dapat Meningkatkan Eksistensi dan Penjualan Pelaku UMKM

hariankaltara.com, TARAKAN - Digitalisasi telah merevolusi seluruh sendi kehidupan, mulai dari bangun di pagi hari sampai dengan tidur di malam hari. Kita sudah tidak bisa lepas dari smartphone, internet, dan aplikasi. Kondisi tersebut terjadi secara global, dimana perkembangan transaksi ekonomi digital secara global terus menunjukkan tren peningkatan yang positif.

Di Indonesia, menurut proyeksi Statista, transaksi ekonomi digital akan tetap tumbuh di tengah pandemi COVID-19. Berdasarkan proyeksi hasil penyesuaian oleh Statista, pada tahun 2020 nilai  transaksi ekonomi digital sebesar 35 juta USD atau sekitar 500,7 miliar Rupiah, meningkat 101,6 miliar atau 25% dari nilai tahun 2019 sebesar 399,1 miliar Rupiah.

Statista adalah sebuah portal statistik online yang mengumpulkan data dari market, hasil penelitian, dan sektor ekonomi. Oleh sebab itu, kondisi ini mendorong penggunaan digitalisasi lebih tinggi di Indonesia.

"Adanya wabah Covid-19 berdampak pada kinerja UMKM. Dengan demikian, diharapkan implementasi digitalisasi dapat meningkatkan eksistensi dan penjualan para pelaku UMKM bahkan hingga skala Nasional," ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltara, Yufrizal pada kegiatan Webinar Series 4.0 Jilid III Digitalisasi UMKM: Tetap Cuan di Tengah Ujian dengan materi mengenai Momentum Recovery Perekonomian Kalimantan Utara serta QRIS Sebagai Kanal Pembayaran di Tengah Pandemi Covid-19 dan Era New Normal.

Acara ini dihadiri langsung oleh Walikota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes, Wakil Ketua Umum Bidang Government Relation Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Muhamad Rosihan, sertaVice President Government Relation Blibli, Suherman Soemardi.

Ditambahkan Yufrizal, sebagai tindaklanjut dari Webinar ini, BI Kaltara akan memfasilitasi produk-produk UMKM di Kaltara agar juga dapat dipasarkan melalui platform Blibli.com. BI Kaltara  mencermati  banyak  produk UMKM Kaltara yang  berpotensi untuk dipasarkan  di Blibli.com atau e-Commerce lain seperti produk-produk makanan olahan dari kepiting, udang dan juga bandeng yang merupakan produk unggulan Kaltara.(hk1)
 


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories