HK News

Foto

TNI AL Tunggu Instruksi Bebaskan 2 WNI Tawanan Abu Sayyaf

HARIANKALTARA.COM - Kerjasama tiga negara tetangga Indonesia-Malaysia-Filipina (Indomalphi) melakukan latihan gabungan sebagai upaya menciptakan keamanan di laut dari aksi perompakan, aksi penyelundupan barang terlarang dan ilegal. Tujuan lainnya adalah membebaskan 2 nelayan WNI yang ditawan kelompok Abu Sayyaf.

Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Judijanto membenarkan salah satu tujuan aksi latihan gabungan ini untuk memberantas kelompok Abu Sayyaf. Hanya saja, dibutuhkan kerjasama yang baik antar ketiga negara di Asia Tenggara ini. 

"Itu salah satunya (mengatasi kelompok Abu Sayyaf). Tanpa koordinasi yang baik kita tidak akan mampu," jelasnya.
Menurutnya, siapa pun pelaku yang melakukan tindak kejahatan maka akan melibatkan tiga negara Indomalphi. Terutama dalam melindungi aset negara. Dengan adanya koordinasi ketiga negara Indomalphi, termasuk mengatasi aktivitas perompakan di laut yang meresahkan para nelayan dan lainnya.

Abu Sayyaf meminta sejumlah tebusan untuk pembebasan 2 WNI yang ditawan. Dikatakan Judijanto, pihaknya tinggal menunggu instruksi dari atasan.

"Kita hanya menunggu kebijakan dari kementerian luar negeri, kita akan tunggu karena kebijakan dari atas akan kita lakukan sedini mungkin, tetapi saya katakan kita yang dilapangan siap melakukan apa saja apa yang kita lakukan terukur," tandasnya.

Soal tebusan, pihak Indonesia masih melakukan negosiasi kepada kelompok Abu Sayyaf sehingga belum ditemukan keputusan.

"Belum ada keputusan, mereka memang meminta uang tebusan tetapi kita akan lakukan langkah-langkah awal negosiasi yang mana terbaik," jelasnya. (HK5)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories