HK News

Foto

Tanggapi Makam Covid19 Longsor, Pemkot Tarakan akan Segera Benahi Makam

TARAKAN - Longsornya tanah di pemakaman khusus covid-19 di Kelurahan Juata Laut, membuat beberapa makam rusak parah. Oleh sebab itulah, sebagian keluarga mendiang jenazah mengeluhkan tidak adanya penangganan tanggap Pemkot Tarakan terkait hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Tarakan dr Khairul M.Kes menerangkan jika pihaknya telah merencanakan akan melakukan penyiringan pada makam tersebut. Hal itu ditindaklanjut dari pertemuan pada Sabtu (2/10/2021) di Pemkot Tarakan.

“Tadi malam kita sudah rapatkan. Hari ini karena saya ada rapat jam 10.00 wita, saya minta Pak Sekda pimpin langsung dengan dinas terkait untuk tinjau,”terangnya, (04/10).

Lanjutnya, rencananya tindak lanjut dari hasil rapat tersebut ialah pihaknya akan melakukan proses penyiringan agar kejadian serupa tidak terulang. Dijelaskannya, lokasi makam yang longsor sebenarnya tidak diperuntukkan untuk titik makam. Lanjutnya, lokasi itu adalah timbunan yang diperuntukkan untuk akses jalan. Namun karena saat itu petugas makam mendapat kejadian banyaknya jenazah yang harus dimakamkan, sehingga petugas terpaksa melakukan penggalian di tanah timbunan agar proses pemakaman dapat lebih cepat dilakukan.

“Alasan penggali kubur saat itu, ada kasus sampai satu hari ada tembus 14 kasus meninggal. Kalau gali di tanah dasarnya cukup lama karena padat sekali pada waktu itu sementara jenazah banyak berdatangan,”jelasnya.

“Kita juga kondisi saat itu banyak meninggal. Butuh cepat, mereka juga para penggali sangat kelelahan, kondisi psikologisnya,” ujarnya.

Diterangkannya, rencananya 33 makam nantinya akan direlokasi dipindahkan ke titik tanah dasar yang keras. Ia berharap pengerjaan dapat dikerjakan secepat mungkin.(hk)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories