HK News

Foto

Satu Rumah Terbakar di Misaya Juata Laut, Saksi Bilang Usai Petir Menyambar Muncul Kepulan Asap

TARAKAN - Satu unit rumah panggung berbahan kayu milik Hasan hangus terbakar di Misaya 1 RT 1 No. 21 Kelurahan Juata Laut, Senin (9/11) sekira pukul 15.45 wita. 

Kepala Seksi PMK Kota Tarakan, Irwan mengatakan, setelah berkoordinasi dengan PMK sektor utara untuk melaksanakan respon time menuju ke lokasi kebakaran lebih awal dalam penanggulangan pemadaman kebakaran, selanjutnya PMK mako Kampung 1 bersama fire brigade pertamina menyusul menuju ke lokasi kebakaran rumah.

"Pelaksanaan pemadaman kebakaran berjalan dalam durasi waktu 10 menit api sudah dapat di kuasai (dapat di padamkan) dan selanjutnya dilaksanakannya pendinginan serta penguraian terhadap materil materil yang terbakar sekaligus memastikan bahwa api benar benar telah padam," ungkap Irwan. 

Lanjutnya, dalam kejadian ini belum dapat di simpulkan penyebab terjadinya kebakaran rumah tersebut, berdasarkan saksi mata dari para tetangga setelah terjadi petir pada sekitar wilayah tersebut tidak lama berselang muncul kepulan asap dari dalam rumah yang terbakar. 

"Rumah tersebut dalam keadaan terkunci, pemilik rumah tidak berada di rumah pada saat rumah tersebut terbakar. Tidak ada korban jiwa," ujarnya. 

Irwan mengaku terdapat kendala petugas pemadam menuju ke lokasi kebakaran seperti akses jalan menuju ke lokasi sangat sempit dan banyaknya kabel listrik, telepon dan kabel tv melintang rendah, mengakibatkan armada tidak leluasa bergerak.

"Minimnya sarana komunikasi ( HT ) dan tidak adanya repiter radio di wilayah utara, yang mengakibatkan tidak ada komunikasi di lokasi. Dan peralatan PMK yang sudah usang dan tidak layak jalan," tuturnya. 

"Imbauan kepada masyarakat agar selalu berhati hati dalam pemakaian listrik dan kompor. Sekian dan terima kasih," pungkas Irwan.(*) 

Armada dan personel yang dilibatkan: 
1. Personil PMK 15 orang.
2. Personil fire brigade pertamina 10 orang
3. Ambulance 112, 2 orang.
4. 4 unit suply truck PMK.
5. 1 Unit fire truck PMK.
6. 1 unit Fire scania pertamina
7. 1 unit fire jip pertamina
8. 1 unit ambulance 112.

Data: PMK Tarakan


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories