HK News

Foto

KPU Tarakan Rilis DPB, Bertambah 18 Pemilih Menjadi 147.479

Tarakan - KPU Tarakan merilis penambahan data pemilih yang masuk pada Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) untuk Pilkada mendatang. Ketua KPU Tarakan Nasruddin mengatakan update data pemilih ini instruksi dari KPU pusat. 

"Pemutakhiran DPB ini tahap ketiga karena setiap tiga bulan sekali kita melaksanakan dengan mengundang pihak terkait, " jelasnya. 

Lanjutnya, hingga kini terdapat 147.479 potensi pemilih baru untuk kemudian dimutakhirkan menjadi daftar pemilih tetap. Ia mengatakan DPB bertambah 18 pemilih. 

"Bulan sebelumnya bertambah 200 dan berkurang 182 yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seperti meninggal dunia dan menjadi TNI-POLRI. 200 potensi pemilih baru didominasi pemilih pemula," ucapnya. 

DPB akan diperbaharui pada Desember mendatang. Karena dalam satu tahun sebanyak 4 kali update. Sumber data DPB ini diakui Nasruddin dari Disdukcapil, DLH dan Disdikbud Tarakan. 

"Terdapat beberapa sumber data seperti yang sudah berusia 17 tahun ke atas saat pemilu 2024, jadi data ini kita peroleh dari Disdikbud. Sedangkan dari DLH ada data kematian," ungkapnya. 

Sementara dari Disdukcapil KPU memperoleh data pindah domisili, meninggal dunia dan data keluar masuk penduduk di dan dari Tarakan.(hk)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories