HK News

Foto

Dua Rumah Di Pantai Amal Hangus Dilahap Si Jago Merah

TARAKAN – Kebakaran kembali terjadi di RT 12 Kelurahan Pantai Amal pada pada Selasa pagi (28/09) sekira pukul 09.45 wita..

Si jago merah kembali mengamuk di Tarakan. Kali ini menghanguskan dua unit rumah warga Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Satpol PP dan PMK Tarakan, Irwan menerangkan, dari keterangan warga setempat, musibah ini diduga karena korsleting arus pendek listrik.

“Warga mendengar ledakan berasal dari salah satu lampu penerangan dari dalam salah satu kamar rumah, dan setelah Tim Fire Rescue selesai melakukan pemadaman, dugaan sementara penyebabnya adalah karena terjadi konsleting arus pendek, tapi masih dalam penyelidikan pihak berwajib,”ucapnya.

Lanjutnya, pihaknya menerima informasi pukul 09.45 WITA dan langsung menerjunkan personel ke lokasi TKP yang diperkirakan dari pusat kota memakan waktu tempuh sekitar 45 menit sampai satu jam perjalanan.

“Kami terima informasi dari staf Kelurahan Pantai Amal. Tim kami tiba di lokasi pukul 10.10 WITA. Sekitar pukul 11.00 WITA baru selesai penanganan,” beber Irwan.

Ia melanjutkan, adapun rumah yang terbakar milik warga RT 12 Kelurahan Pantai Amal. Sekitar 15 personel dikerahkan dan dua unit fire truck serta dua unit supply truck dan satu unit scania fire truck milik Pertamina dan serta 10 personel brotherhood dan 6 personel Tim Balakar Tarakan.

“Setelah terima info bahwa telah terjadi kebakaran, pemilik rumah Pak Aris dan Pak Tandis personel persiapan dan menuju ke lokasi,” ujarnya.

Sesampainya di lokasi, personel bertugas melaksanakan pemadaman dan pendinginan pada objek yang terbakar serta dilakukan penguraian guna memastikan bahwa api benar-benar telah padam.

Adapun penyebab terjadi kebakaran pada dua rumah warga tersebut berdasarkan infomrasi diterima pihaknya, ada saksi mata mendengar ledakan berasal dari salah satu lampu penerangan dari dalam salah satu kamar rumah rumah tersebut.

“Dan setelah tim fire rescue selesai pemadaman bahwa dugaan sementara terjadi konsleting arus pendek dan masih dalam penyelidikan pihak berwajib,” ujarnya.

Ia mengakui, untuk kendala di lapangan, akses jalan menuju kelokasi kejadian kebakaran dalam kondisi jalan yang berlubang dan tanjakan.

“Itu salah satu penghambat laju kendaraan PMK, dengan saat ini kondisi kendaraan PMK 30 persen, dan pada saat di pertengahan jalan sempat terhambat dengan kendaraan lain ketemu truk muatan rumput laut yang terperosok di tengah jalan,” ujarnya. 

Sehingga lanjutnya, PMK terlebih dahulu mengevakuasi kendaraan truck tersebut agar kendaraan PMK dapat melintas menuju ke lokasi kejadian kebakaran. Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Tarakan agar selalu berhati-hati dan tidak menambah beban daya pada listrik agar tidak mengalami panas yang berlebihan dan mengakibatkan kebakaran pada rumah.

“Dan selalu memperhatikan dalam perawatan instalasi listrik. Untuk korban jiwa nihil,” pungkasnya.(hk)


0 Comments

leave a reply

Recent Posts

Hot News

Categories